Pangkalpinang (Antara Babel) - Sebanyak 7.254 lamaran pekerjaan masuk di kegiatan "job fair" atau bursa kerja Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja pada Rabu-Kamis (27-28/7).

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Kamis mengatakan banyaknya jumlah lamaran pekerjaan yang masuk pada kegiatan itu menandakan antusias pencari kerja sangat tinggi terhadap kegiatan itu.

"7.254 lamaran kerja itu masuk ke 33 perusahaan peserta 'job fair', di mana masing-masing untuk hari pertama sebanyak 3512 berkas dan hari kedua sebanyak 3742 berkas. Dari jumlah lamaran ini bisa dilihat kalau jumlah pencari kerja di Pangkalpinang cukup banyak," katanya.

Ia menyebutkan jumlah lamaran pekerjaan paling banyak dimasukkan oleh para pencari kerja di  perusahaan Dok Perkapalan Pahala yang mencapai 900 berkas.

Menurutnya, banyaknya jumlah lamaran pekerjaan yang masuk di perusahaan itu dikarenakan tawaran jenjang karir serta penempatan posisi jabatan yang sangat menarik.

"Sedangkan untuk lamaran yang masuk ke 32 perusahaan lainnya rata-rata 200 hingga 250 lamaran pekerjaan. Banyaknya lamaran pekerjaan tersebut karena setiap pencari kerja minimal memasukkan lamaran ke tiga perusahaan," ujarnya.

Ia berharap dengan kegiatan pameran bursa kerja tersebut jumlah pengangguran di Pangkalpinang bisa berkurang. Selain itu, dirinya juga berharap kegiatan seperti itu bisa dilaksanakan setiap tahun.

"Saya harap kegiatan ini bisa terus digelar setiap tahun dengan menyediakan lowongan pekerjaan yang lebih banyak lagi, karena jumlah pencari kerja setiap tahunnya selalu bertambah," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016