Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memastikan stok sapi potong sebanyak 283 ekor cukup guna memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kami pastikan stok sapi potong sebanyak 283 ekor cukup memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah," kata Kepala DKPP Belitung, Destika Efenly di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, jumlah tersebut terdiri dari sebanyak 230 ekor sapi lokal Madura, Bali, dan PO ditambah 49 ekor sapi lokal Simental dan Limosin, serta empat ekor sapi BX.

Ia mengatakan, guna memenuhi kebutuhan daging sapi masyarakat menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah, sebanyak 183 ekor sapi berbagai jenis dari luar daerah secara bertahap akan masuk ke Belitung.

"Sehingga kami pastikan stok sapi potong cukup dan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah," ujarnya.

Dikatakannya, selain itu, masyarakat juga bisa memiliki alternatif lain dalam memenuhi kebutuhan daging sapi menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah dengan memilih daging sapi beku.

"Selama ini masyarakat sudah terbiasa atau akrab dengan daging beku sehingga ini menjadi penyeimbang dan pengendali harga daging sapi segar atau murni menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah," katanya. 

Destika memastikan seluruh sapi potong yang didatangkan dari luar Pulau Belitung dalam keadaan sehat dan bebas dari penyakit.

"Setiap sapi yang masuk ke Belitung kami harus memastikan agar terpenuhi sejumlah persyaratan terutama bebas dan wabah penyakit dari daerah asal sapi tersebut didatangkan," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024