Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan terminal tunggu sementara untuk kendaraan pemudik yang akan melalui Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok.

"Untuk pelayanan mudik Idul Fitri 1445 Hijriah ini, kami berupaya memberikan pelayanan terbaik, saat ini kita sudah mulai melakukan persiapan dengan menyiapkan sejumlah fasilitas umum di terminal tunggu yang berada persis di sebelah kawasan Pelabuhan Tanjungkalian," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Babel, Sabtu.

Salah satu persiapan yang dilakukan adalah penambahan luas terminal tunggu sementara yang diharapkan bisa menambah daya tampung mobil yang parkir untuk mengantre sebelum masuk ke terminal tunggu pelabuhan.

"Penambahan luas lahan parkir ini kami harapkan bisa mengurangi antrean kendaraan yang sering kali terjadi di pinggir jalan masuk pelabuhan," katanya.

Dengan adanya tempat parkir sementara di Kawasan Pantai Baturakit yang berada persis di sebelah Pelabuhan Tanjungkalian itu diharapkan pada pelayanan mudik kali ini jumlah antrean kendaraan di pinggir jalan bisa dikurangi sehingga arus lalu lintas lancar dan aman.

"Kemarin, kita bersama sejumlah perwakilan instansi terkait sudah cek lokasi, melakukan simulasi alur kendaraan dan memeriksa fasilitas umum pendukung, kita berupaya mempercepat persiapan agar semua selesai tepat waktu sehingga pemudik semakin nyaman, aman, tertib dan lancar selama menunggu jadwal pemberangkatan kapal feri," katanya.

Di terminal tunggu sementara tersebut, pemerintah daerah telah menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung, antara lain kamar mandi dan toilet umum, tempat istirahat, ruang laktasi, WC portabel, dan dapur umum.

"Selain itu, kita juga akan siapkan panggung hiburan untuk mengurangi kejenuhan pemudik," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024