Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melaksanakan kegiatan "ramp check" atau inspeksi keselamatan terhadap sejumlah armada bus di terminal Tanjung Pandan.

Kepala Dinas Perhubungan Belitung, Ramansyah di Tanjung Pandan, Kamis mengatakan "ramp check" tersebut dilaksanakan guna memastikan kelaikan bus saat mudik Lebaran 2024.

"Kami melaksanakan kegiatan "ramp check" terhadap sejumlah kendaraan bus di terminal Tanjung Pandan demikian mewujudkan keselamatan angkutan mudik Lebaran 2024," katanya.

Baca juga: Dishub Belitung imbau pemudik tiba lebih awal di pelabuhan

Menurut dia, pemeriksaan tersebut dilakukan kepada tiga armada bus rute Tanjung Pandan - Manggar yang sedang menunggu penumpang di terminal Tanjung Pandan diantaranya adalah satu bus DAMRI dan dua Elf.

Pemeriksaan meliputi kelengkapan surat menyurat kendaraan, Surat Izin Mengemudi (SIM), kelengkapan seperti lampu, kaca spion, dan piranti kendaraan lainnya.

"Hasil pemeriksaan terhadap tiga armada bus tersebut kami merekomendasikan mereka untuk segera wajib uji karena ditemukan adanya surat menyurat yang sudah mati dan piranti mobil yang prihatin terhadap keselamatan penumpang," ujarnya.

Baca juga: Dishub Belitung: Tiga kapal Ro-Ro layani arus mudik Lebaran 2024

Disampaikannya, akan tetapi bus tersebut masih tetap diberikan kesempatan untuk melayani arus mudik Lebaran 2024 di terminal Tanjung Pandan namun dengan tetap mengutamakan keselamatan.

"Kalau beroperasi masih bisa untuk mengangkut penumpang namun dengan tetap mengutamakan keselamatan dan memperhatikan laju kecepatan," katanya.

Dishub Belitung siap mewujudkan mudik Lebaran 2024 di daerah itu yang ceria, aman, dan selamat.

Oleh karena itu, kegiatan "ramp check" akan terus dilakukan secara berkala di terminal Tanjung Pandan guna mewujudkan mudik Lebaran 2024 yang aman dan selamat.

Selain itu, Dishub Belitung juga mendirikan dua posko Angkutan Lebaran 2024 di pelabuhan penyeberangan Tanjung Ru dan Terminal Tanjung Pandan

"Sampai saat ini kondisi arus mudik Lebaran 2024 di Belitung terpantau lancar," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024