Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung(Babel) mengerahkan 1.496 personel gabungan, guna mengamankan lonjakan calon penumpang angkutan udara dan laut pada puncak arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kami memprediksi puncak arus mudik tahun ini terjadi pada Jumat (5/4) hingga Minggu (7/4)," kata Kapolda Kepulauan Babel Irjen Pol Tornagogo Sihombing di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan jumlah personel yang dikerahkan untuk mengamankan arus mudik tahun ini sebanyak 1.496 orang terdiri dari anggota Polri, TNI, pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya, agar arus mudik Lebaran Idul Fitri 2024 berjalan, aman, lancar, nyaman dan menyenangkan.

"Kita memprediksi puncak arus balik lebaran ini akan terjadi pada Minggu (15/4) hingga Senin (16/4)," katanya.

Ia menyatakan untuk memastikan kelancaran arus mudik dan balik lebaran tahun ini, Polda Kepulauan Babel telah membentuk 33 posko tersebar di Pulau Bangka 24 posko dan Pulau Belitung 9 posko.

"Selama operasi ketupat ini, kita sudah membentuk 33 posko terdiri pospam, pos pelayanan dan pos terpadu," ujarnya.

Kapolresta Pangkalpinang Komisaris Kombes Pol Gatot Yulianto menggerahkan 150 personel gabungan, guna mengamankan arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah.

"Kita sudah pastikan persiapan personel, peralatan, pos untuk mengamankan arus mudik, masjid, tempat wisata dan tempat pelaksanaan sholat Idul Fitri berjalan aman," katanya.

Ia menyatakan berdasarkan survei indikator, kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mencapai 89,5 persen atau meningkat 15,7 persen dibanding 2022.

"Ini merupakan wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras kita bersama yang harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam pengamanan arus mudik dan balik tahun ini," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024