Polisi Resor(Polres) Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memantau 12 lokasi rawan kecelakaan lalu lintas guna membantu masyarakat yang sedang melakukan perjalanan mudik Idul Fitri 1445 Hijriah agar selamat sampai tujuan.

"Kami sudah melakukan pemetaan awal dan akan terus mengawasi 12 titik rawan kecelakaan tersebut, kami juga meminta para pengendara agar selalu berhati-hati dan utamakan keselamatan selama perjalanan," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah di Mentok, Kamis.

Selain melakukan pengawasan dengan menempatkan personel, di sekitar lokasi rawan kecelakaan tersebut juga dipasang penanda untuk mengingatkan pengendara agar lebih waspada sehingga bisa terhindar dari kecelakaan.

Menurut dia, titik potensial yang sering terjadi kecelakaan lalu lintas, antara lain di ruas jalan yang ada di wilayah Kecamatan Kelapa dan Simpangteritip ruas jalan ini merupakan jalan utama yang menghubungkan Mentok dengan Kota Pangkalpinang dan kabupaten lain di Pulau Bangka.

Untuk itu diimbau para pengendara untuk selalu waspada, menaati aturan berkendara dan rambu-rambu lalu lintas yang sudah dipasang.

"Kita juga sudah mendirikan pos pengamanan beserta personel polisi lalu lintas yang selalu siaga selama Operasi Ketupat Menumbing 2024 ini berlangsung," katanya.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan rest area di wilayah Kecamatan Simpangteritip yang bisa dimanfaatkan para pengendara beristirahat dan di tempat itu juga telah penempatan personel untuk membantu masyarakat.

"Untuk di Kecamatan Kelapa kita siapkan pos pengamanan, para petugas ada yang siaga di pos dan ada juga yang melakukan patroli berjalan," ujarnya.

Para personel yang terlibat dalam Operasi Ketupat juga diimbau untuk selalu menyampaikan pesan kepada masyarakat agar bisa bersama-sama menciptakan perjalanan mudik yang aman, tertib, lancar dan selamat.

"Selama bertugas di lapangan, merek sudah kami imbau untuk selalu memberikan edukasi peringatan dini kepada pengendara agar tidak kebut-kebutan dan mematuhi peraturan lalu lintas," katanya.

Selain dua posko di Kecamatan Kelapa dan Simpangteritip, pada operasi pelayanan mudik lebaran tahun ini, Polres Bangka Barat telah menyiapkan posko pelayanan di Pelabuhan Tanjungkalian Mentok, dan posko pengamanan di Polsek Jebus.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024