Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat sebanyak 1.538 pemudik telah melintas di pelabuhan Tanjungpandan terhitung sampai, Kamis (4/4) atau H-5 Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kami mencatat jumlah pemudik yang telah berangkat menuju daerah tujuan melalui pelabuhan Tanjung Pandan sebanyak 1.538 orang," kata Kepala KSOP Kelas IV Tanjungpandan, Syaiful Anwar di Tanjungpandan, Jumat.

Menurut dia, jumlah pemudik Lebaran 2024 di pelabuhan Tanjungpandan sampai H-5 Idul Fitri 1445 sebanyak 1.538 penumpang meningkat dibandingkan musim mudik tahun sebelumnya hanya sebanyak 1.341 penumpang saja.

"Jumlah pemudik Lebaran 2024 mengalami peningkatan sebesar 14,69 persen dibandingkan tahun sebelumnya," ujarnya.

Ia mengatakan jumlah tersebut terdiri dari penumpang turun sebanyak 433 orang dan penumpang naik sebanyak 1.538 orang.

"Kedatangan kapal ada sebanyak tujuh kali dan keberangkatan kapal sebanyak delapan kali," katanya.

Disampaikan, arus mudik Lebaran 2024 di pelabuhan Tanjungpandan dilayani oleh satu kapal cepat Express Bahari 3 E tujuan Pangkalbalam serta dua kapal Ro-Ro KM Sawita dan KM Salvia rute (Pangkalbalam - Tanjungpandan - Jakarta).

"Kalau jadwal keberangkatan KM. Salvia dan KM. Sawita tentatif namun kapal cepat Express Bahari 3 E sekarang berlayar rutin setiap hari sampai H-1 Idul Fitri 1445 Hijriah," ujarnya. 

Menurut dia, KSOP Kelas IV Tanjungpandan beserta instansi lainnya di pelabuhan Tanjungpandan siap mendukung pelaksanaan arus mudik Lebaran 2024 yang aman dan selamat.

Pihaknya juga telah menggelar rapat lintas sektor di wilayah pelabuhan dalam rangka mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024.

"Kalau sampai saat ini arus mudik Lebaran 2024 di pelabuhan Tanjungpandan berjalan dengan lancar dan kami juga menyiapkan petugas piket di lapangan setiap ada keberangkatan dan kedatangan kapal untuk dilaporkan secara berjenjang ke tingkat atas," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024