Kepolisian Resor Bangka Tengah, Polda Bangka Belitung, menempatkan personel khusus untuk mengamankan arus mudik di Pelabuhan Sungaiselan.

"Kita menempatkan personel khusus untuk menjaga dan membantu kelancaran para pemudik di Pelabuhan Sungaiselan," kata Kapolres Bangka Tengah AKBP Dwi Budi Murtiono di Koba, Minggu.

Pelabuhan Sungaiselan merupakan pelabuhan kecil yang aktif melayani pelayaran langsung ke Provinsi Sumatera Selatan.

"Pelayaran melalui pelabuhan kecil seperti Pelabuhan Sungaiselan kita pantau dan dijaga untuk memastikan mereka melakukan pelayaran sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP)," ujarnya.

Dwi mengatakan pergerakan pemudik di Pelabuhan Sungaiselan sudah mulai padat menjelang  Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pelayaran di Pelabuhan Sungaiselan, kata dia, wajib memenuhi standar pelayaran dan dilengkapi fasilitas keselamatan seperti pelampung.

"Kemudian jumlah penumpang wajib menyesuaikan dengan ukuran kapal, tidak boleh melebih kapasitas demi keselamatan penumpang," ujarnya.

Kapolres memerintahkan personel yang bertugas melakukan pengamanan untuk mengecek setiap penumpang yang naik dan turun di pelabuhan tersebut.

"Pengecekan identitas penumpang kami pandang perlu untuk mengantisipasi masuknya pelaku tindak kriminal atau mencegah terjadinya kejahatan di kawasan pelabuhan," katanya.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Bangka Tengah Fani Hendra Saputra mengatakan, pihaknya turut memantau dan mengecek kelayakan kapal yang menyeberang dari Pelabuhan Sungaiselan.

"Selama ini kapal yang menyeberang melalui Pelabuhan Sungaiselan sudah layak berlayar, namun perlu kami ingatkan untuk mengutamakan keselamatan penumpang," ujarnya.

Menurut dia, alat keselamatan penumpang wajib disediakan di dalam kapal seperti pelampung dan muatan kapal tidak boleh melebihi dari kapasitas.

"Pihak kapal wajib mengutamakan keselamatan penumpang, jangan melebihi muatan yang berisiko terjadinya kecelakaan di laut," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024