Kepolisian Resor Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerapkan pola "body system" dalam pengamanan jalur mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Laksanakan tugas sesuai prosedur, jangan lupa untuk menerapkan body system dan tentunya layani masyarakat secara humanis," kata Kapolres Bangka Selatan AKBP Trihanto Nurgroho di Toboali, Selasa.

"Body system" merupakan perlindungan dari personel polisi/TNI lainnya terhadap aparat yang sedang bertugas dalam Operasi Ketupat Menumbing 2024.

Penerapan "body system" itu, kata Trihanto, lebih efektif untuk melindungi aparat yang melakukan tugas pengamanan arus mudik dan balik lebaran.

"Namun demikian, saya ingatkan kepada personel dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan layani masyarakat dengan penuh ikhlas," kata Trihanto saat mengecek persiapan personel di sejumlah pos pengamanan lebaran.

Trihanto memantau dan meninjau langsung seluruh posko pengamanan lebaran, untuk memastikan beroperasi secara efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan maksimal serta menjaga keamanan selama masa operasi berlangsung.

Ia juga juga meminta petugas memberikan pelayanan yang ramah, cepat dan tepat kepada masyarakat yang melintas karena keselamatan masyarakat menjadi prioritas dalam operasi ini.

"Tetap waspada, teliti dan bertindak lebih sigap apabila terjadi sesuatu. Namun tetap utamakan pengayoman dan melindungi masyarakat," ujarnya.

Trihanto juga mengutamakan kesehatan dan keselamatan aparat yang bertugas di jalur pengamanan arus mudik.

"Kesehatan dan keselamatan personel sangat penting karena tugas ke depan masih panjang, masih ada arus balik yang harus dijaga," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024