Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan puncak arus balik Lebaran 2024 di pelabuhan Tanjung Pandan berlangsung hari ini yang ditandai dengan meningkatnya jumlah penumpang kapal cepat Express Bahari 3 E.

"Kami mencatat puncak arus balik Lebaran 2024 di pelabuhan Tanjung Pandan berlangsung pada hari ini karena terjadi lonjakan penumpang kapal cepat yang cukup signifikan," kata Kepala KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Syaiful Anwar di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, jumlah penumpang kapal cepat Express Bahari 3 E rute pelabuhan Tanjung Pandan menuju pelabuhan Pangkal Balam pada, Senin (15/4) sebanyak 381 penumpang.

Jumlah ini, kata Syaiful, meningkat apabila dibandingkan dengan jumlah penumpang pada keberangkatan kapal cepat Express Bahari 3 E sehari sebelumnya, Minggu (14/4) sebanyak 292 penumpang.

Sedangkan jumlah penumpang kapal cepat Express Bahari 3 E yang tiba di pelabuhan Tanjung Pandan (debarkasi) pada, Senin (15/4) sebanyak 393 penumpang.

"Sehingga puncak arus balik Lebaran 2024 di pelabuhan Tanjung Pandan berlangsung pada hari ini," ujarnya.

Ia mengatakan, meningkatnya jumlah pemudik pada hari ini dikarenakan merupakan hari terakhir libur panjang Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Pada, Selasa (16/4) besok masyarakat sudah masuk kerja dan pada, Rabu (17/4) siswa sudah kembali masuk ke sekolah," katanya.

Dikatakannya, setelah melayani arus mudik dan balik Lebaran 2024 kapal cepat Express Bahari 3 E akan berlayar ke jadwal normal sebelumnya yakni tiga hari dalam seminggu (Selasa, Rabu, Jumat).

"Pihak operator kapal sudah mengkonfirmasi selepas arus mudik dan balik Lebaran 2024 kapal kembali berlayar ke jadwal sebelumnya yakni tiga kali seminggu," ujarnya.

Syaiful memastikan, kondisi arus mudik dan balik Lebaran 2024 di pelabuhan Tanjung Pandan berjalan dengan lancar dan aman.

"Hal ini berkat kolaborasi dan kerja sama seluruh tim yang tergabung di dalam posko Angkutan Lebaran 2024 di pelabuhan Tanjung Pandan," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024