Polisi Resor(Polres) Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan sosialisasi kepada warga pesisir guna mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan di wilayah perairan.

"Pada musim libur lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah ini kami tetap melakukan patroli sekaligus sosialisasi kepada warga yang tinggal di wilayah pesisir guna meningkatkan kewaspadaan agar bisa mencegah berbagai hal yang bisa menjadi penyebab kecelakaan di wilayah perairan," kata Kepala Seksi Humas Polres Bangka Barat Ipda Ardianis di Mentok, Selasa.

Menurut dia, aktivitas warga di wilayah pesisir pada saat ini masih seperti biasa, bahkan terjadi peningkatan terutama untuk sektor transportasi dan kunjungan wisatawan di beberapa pantai yang menjadi destinasi wisata, baik yang dikelola pemerintah maupun umum.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, personel Satuan Polairud Polres Bangka Barat terus menggelar patroli pantai dengan mengunjungi warga yang sedang berkumpul di pesisir daerah itu.

"Pantai Baturakit masih menjadi tujuan utama warga menikmati masa libur kali ini, kami terus melakukan patroli dan sambang warga di lokasi itu dan beberapa lokasi lain yang banyak dikunjungi warga," katanya.

Patroli wilayah pesisir dilaksanakan personel Satpolairud dengan menggunakan kapal patroli yang sudah dilengkapi peralatan keamanan laut yang canggih.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memastikan keamanan para pengunjung sekaligus mengantisipasi potensi terjadinya tindak kejahatan di sekitar area pantai.

Patroli ini juga merupakan kesempatan bagi petugas untuk memberikan edukasi tentang keselamatan beraktivitas di perairan kepada masyarakat, termasuk para nelayan lokal.

Himbauan terkait aturan pelayaran dan upaya pencegahan kecelakaan laut turut disampaikan agar keselamatan selama liburan dapat terjamin.

Dengan adanya kegiatan patroli yang intensif ini diharapkan para pengunjung pantai dapat merasa lebih aman dan nyaman saat menikmati liburan bersama keluarga.

Selain itu, kesadaran akan pentingnya menjaga keamanan di perairan juga diharapkan dapat meningkat di masyarakat.

"Patroli ini terus dilakukan selama periode libur lebaran untuk memberikan layanan terbaik dalam menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat," katanya.

Dengan adanya patroli dan sosialisasi serta peran serta aktif masyarakat sampai sejauh ini situasi keamanan dan ketertiban terjaga kondusif selama libur lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024