Pelabuhan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melayani 4.038 orang penumpang kapal yang melakukan arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah.

"Hingga H+6 ini, kita sudah melayani keberangkatan maupun kedatangan 4.038 orang penumpang kapal," kata Kepala Sub-Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Pangkalbalam Ferdiansyah di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan terhitung sejak Jumat (12/4) hingga Rabu (17/4) jumlah penumpang kapal laut di Pelabuhan Pangkalbalam sudah mencapai 4.038 orang dengan rincian penumpang yang turun di Pelabuhan Pangkalbalam dari Pelabuhan Tanjungpandan Belitung dan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta sebanyak 2.358 orang.

Sementara jumlah penumpang kapal yang berangkat dari Pelabuhan Pangkalbalam tujuan Pelabuhan Tanjungpandan Belitung dan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta sebanyak 1.680 orang.

"Selama arus balik lebaran ini, didominasi penumpang kapal yang tiba di Pelabuhan Pangkalbalam, sementara yang berangkat masih kurang," katanya.

Ia menyatakan selama arus mudik dan balik lebaran ini berjalan dengan aman, lancar dan tidak ada penumpukan calon penumpang di terminal pelabuhan, karena armada kapal yang disediakan mencukupi untuk melayani pemudik lebaran tahun ini.

Pada arus mudik tahun ini, KSOP Pangkalbalam mensiagakan delapan unit kapal angkutan Lebaran Idul Fitri 1445 Hiriya yaitu KM Salvia berkapasitas 250 penumpang, KM Sakura Expres berkapasitas 450 penumpang.

KM Srikandi Line berkapasitas 300 penumpang, KM Sawita berkapasitas 200 penumpang, KM El Sadai berkapasitas 300 penumpang, dan KM Sewindu berkapasitas 393 penumpang dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Selanjutnya satu unit kapal cepat Ekpres Bahari rute Pelabuhan Pangkalbalam - Pelabuhan Tanjung Pandan Belitung. Sementara dua unit kapal Pelni yaitu KM Bukit Raya dan KM Sabuk Nusantara rute Pelabuhan Belinyu Bangka - Tanjung Priok - Kalimatan Barat.

"Alhamdulillah, arus mudik dan balik tahun ini berjalan aman, lancar dan tertib," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024