Kepolisian Resor Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung melakukan pemantauan sejumlah objek wisata untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat selama masa libur lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Sampai saat ini objek wisata masih cukup ramai dikunjungi wisatawan, kehadiran para personel di tengah masyarakat diharapkan bisa memberikan rasa aman, tertib dan nyaman saat mereka berwisata di daerah ini," kata Kepala Seksi Humas Polres Bangka Barat Ipda Ardianis di Mentok, Rabu.

Menurut dia, masa libur lebaran dimanfaatkan masyarakat untuk mengunjungi beberapa objek wisata andalan yang ada di daerah itu, antara lain Pesanggrahan Menumbing, Pantai Asmara, Baturakit, Tanjungkalian, dan beberapa pantai lainnya.

"Peningkatan patroli ini adalah bagian dari strategi Kepolisian untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama periode liburan lebaran kali ini," katanya.

Para personel melakukan pemantauan dengan menitikberatkan pada keamanan pengunjung, terutama objek wisata pantai, untuk memastikan wisatawan tidak melakukan hal-hal yang bisa membahayakan keselamatan.

Untuk saat ini cuaca masih sering kali berubah secara tiba-tiba disertai dengan angin kencang sehingga bisa membahayakan wisatawan yang sedang mandi di pantai.

"Kita juga memberikan edukasi dan imbauan agar para pengunjung pantai bisa saling menjaga keamanan dan keselamatan bersama," katanya.

Selain itu, kata dia, pada masa libur lebaran ini para personel juga melakukan pemantauan permukiman warga untuk mencegah terjadinya kasus pencurian dan gangguan keamanan lainnya.

Patroli tidak hanya terbatas di pusat keramaian, tetapi juga mencakup area-area yang dianggap rawan kejahatan.

Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan dengan memberikan informasi kepada petugas jika menemukan situasi atau orang yang mencurigakan.

“Keterlibatan masyarakat sangat penting untuk mendukung kegiatan patroli dan menjaga situasi kamtibmas yang kondusif,” ucapnya

Diharapkan dengan peningkatan patroli yang dilakukan oleh personel Polres dan Polsek jajaran, keamanan selama libur lebaran di Kabupaten Bangka Barat akan terjaga, sehingga masyarakat dapat menikmati masa libur dengan tenang dan nyaman.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024