Penjabat Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yuspian akan menyampaikan laporan kinerja sebagai penjabat Bupati Belitung kepada Menteri Dalam Negeri sebagai bentuk evaluasi setelah tiga bulan menjabat dan dilantik pada 31 Desember 2023 lalu.

"Semua yang telah kami kerjakan pastinya akan dilaporkan kepada Menteri Dalam Negeri," kata Pj Bupati Belitung, Yuspian di Tanjung Pandan, Jumat.

Dirinya akan menyerahkan laporan kinerjanya sebagai Pj Bupati Belitung kepada Menteri Dalam Negeri pada 26 April mendatang.

"Kami dijadwalkan menyerahkan laporan kinerja kepada Mendagri pada 26 April ini," ujarnya.

Yuspian merasakan selama tiga bulan menjabat sebagai Pj Bupati Belitung telah melaksanakan mekanisme dan siklus pemerintahan sesuai dengan apa yang seharusnya dijalankan.

Meskipun demikian, lanjut Yuspian, dirinya tidak mengenal istilah seratus hari kerja melainkan akan terus menerus mengikuti skema sesuai dengan agenda pemerintahan yang ditentukan.

"Agenda pemerintahan sebenarnya sudah mantap, misalnya kami sebagai Pj bupati ada evaluasi tiga bulanan dengan kriteria-kriteria termasuk jadwal-jadwal lain yang sudah tersusun sebagai siklus pemerintahan daerah termasuk pelaporan dan lain sebagainya," kata Yuspian. 

Selain itu, selama tiga bulan menjabat Pj Bupati Belitung tentunya ada kendala dan peluang yang dihadapi apalagi berada di masa transisi.

"Ada yang fundamental benar seperti anggaran dan perencanaan itu sudah ada siklusnya, namun ada beberapa hal yang perlu kami lakukan dalam skema sekarang makanya ada kegiatan inovasi yang kami lakukan," ujarnya.

Dikatakan dia, salah satu program inovasi yang dilakukan adalah pelaksanaan kegiatan Belitung Chinese Internasional Festival (BCIF) 2024 yang diselenggarakan tanpa menggunakan dana APBD Belitung.

Bahkan dalam waktu dekat, pihaknya akan menggagas program inovasi lainnya guna mewujudkan swasembada beras di Belitung melalui alih teknologi pertanian dalam menanam padi.

"Semoga bisa terealisasi segera karena ada kemungkinan untuk swasembada beras dan ada program lainnya di sektor pertambangan," katanya.

Ia mengatakan, laporan kinerjanya tersebut akan dievaluasi langsung oleh Mendagri dengan hasilnya nanti berupa catatan yang perlu diperingatkan bagi dirinya yang saat ini mengemban tugas sebagai Pj Bupati Belitung.

"Karena disamping 10 agenda prioritas ada hal penting lainnya terutama penyelenggaraan Pilkada 2024 bukan ke masalah teknis namun iklimnya harus kondusif untuk penyelenggaraan pilkada," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024