PT Timah Tbk bersama Kelompok Nelayan Dusun Air Antu Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menenggelamkan 60 unit rumah ikan di Laut Bangka, guna meningkatkan hasil tangkapan ikan nelayan daerah itu.

"Dengan adanya bantuan rumah ikan ini diharapkan nelayan tidak perlu terlalu jauh untuk pergi melaut mencari ikan, sehingga bisa mengurangi penggunaan bahan bakar,"  kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan penenggelaman 60 unit rumpon rumah ikan pada Kamis (26/4/2024) ditenggelamkan di empat titik di Laut Dusun Air Antu Kabupaten Bangka dihadiri Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, Penyuluh Perikanan Wilayah Kerja Riau Silip, HNSI Kabupaten Bangka dan anggota kelompok Bina Sejahtera Bersama, sebagai komitmen perusahaan untuk memberdayakan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat nelayan.

"Ini merupakan kali keduanya, PT Timah berkolaborasi untuk dengan kelompok nelayan ini. Sebelumnya PT Timah menenggelamkan coral garden di kawasan ini," katanya.

Ketua Nelayan Bina Sejahtera Bersama Juliadi mengatakan penenggelaman rumpon ini merupakan salah satu bentuk perhatian PT Timah kepada kelompok nelayan agar bisa meningkatkan hasil tangkapan.

"Kami optimis dengan adanya rumpon ini bisa menjadi rumah ikan, apalagi tadi ditenggelamkan di jalur ikan kakap, kerapu," katanya.

Ia mengaku mereka dulu pernah menenggelamkan rumpon namun hanya menggunakan kayu dan hasil yang diperoleh cukup banyak.

"Saya membayangkan dulu saya tenggelam rumpon kayu itu hasilnya lumayan banyak kakap merah itu bisa sekitar 20 kilogram dan kayu ini kan bertahan cuma satu tahun. Apalagi ini rumpon beton yang permanen ini bisa menjadi rumah ikan yang bisa didatangi banyak ikan," katanya.

Menurut dia program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan PT Timah sangat bermanfaat untuk kelompok mereka.

"Ini kan untuk jangka panjang, tidak hanya untuk nelayan tapi bisa untuk mendukung wisata bawah laut. Kami berharap PT Timah dapat terus berkelanjutan melaksanakan kegiatan ini sehingga semakin banyak rumah ikan," katanya.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Ismed mengapresiasi PT Timah yang telah membantu kelompok nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapan melalui program penenggelaman rumpon.

"Kami menyambut baik dan semoga ini berkelanjutan karena rumpon ini memberikan dampak jangkan panjang. Rumah ikan tercipta secara alami dengan bantuan rumpon. Nelayan kita punya titik fokus untuk menangkap ikan. Sehingga mereka lebih mudah," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024