Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan sebanyak 286 calon haji asal daerah itu sudah siap masuk asrama haji di Kota Pangkalpinang.

"Dijadwalkan besok (Selasa, 14/5) 286 calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang 04 PLM 445 akan masuk asrama haji di Kota Pangkalpinang," kata panitia pemberangkatan jamaah Kemenag Bangka, Gazali, di Sungailiat, Senin.

Ia mengatakan, ratusan calon haji asal Kabupaten Bangka akan bergabung dengan jamaah asal daerah lain seperti asal Bangka Selatan, Bangka Barat dan Bangka Tengah.

"Calon haji kelompok terbang 04 PLM 445 akan didampingi oleh lima orang petugas pendamping haji," jelas dia.

Ia mengatakan seluruh jamaah calon haji hanya menginap satu malam di asrama haji Kota Pangkalpinang untuk selanjutnya pada Rabu (15/5) langsung diberangkatkan ke Madinah melalui embarkasi Palembang, Sumatera Selatan.

Tahun 2024 total jumlah calon haji asal Kabupaten Bangka mencapai 314 orang dengan usia tertua 90 tahun dari Kecamatan Mendo Barat dan termuda usia 25 tahun dari Kecamatan Sungailiat.

"Sampai saat ini, seluruh calon jamaah haji dinyatakan sehat dan siap untuk masuk asrama sebelum diberangkatkan ke Madinah selanjutnya ke Makkah," jelas dia.

Dia berharap, semua calon jamaah haji asal Kabupaten Bangka mulai berangkat hingga pulang ke tanah air dalam kondisi sehat.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024