Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyeleksi 13 calon panwaslu kecamatan.

"Sebanyak 13 peserta itu mengikuti tes dengan sistem computer assisted test (CAT) yang sudah selesai kami gelar hari ini," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah Marhaendra Yuliansyah di Koba, Senin.

Marhaendra menjelaskan bahwa rekrutmen anggota panwaslu kecamatan hanya untuk mengisi kekurangan pengawas di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Simpangkatis, Namang, dan Kecamatan Lubuk Besar.

Sebelumnya, pihaknya melakukan evaluasi kinerja terhadap 18 anggota panwaslu kecamatan yang bertugas saat Pemilu 2024, sebanyak 14 orang dinyatakan layak.

Sesuai dengan petunjuk teknis, pihaknya melakukan rekrutmen baru untuk mengisi kekosongan tersebut.

Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah butuh 18 anggota panwaslu kecamatan untuk ditempatkan di enam kecamatan atau tiga orang setiap kecamatan.

"CAT yang kami lakukan hari ini diikuti 13 orang. Namun, kami hanya menerima delapan orang, yaitu empat definitif dan empat cadangan untuk persiapan PAW," ujarnya.

Setelah tes CAT, kata dia, peserta selanjutnya akan diberikan pertanyaan esai secara tertulis.

"Tes kali ini melalui dua tahapan, pertama peserta akan menjawab pertanyaan pilihan ganda sebanyak 100 soal secara CAT dalam waktu 90 menit, berikutnya akan menjawab pertanyaan essay sebanyak 10 soal dalam waktu 45 menit," jelasnya.

Diinformasikan pula bahwa hasil CAT akan diumumkan secara resmi pada tanggal 17 Mei 2024. Data hasil CAT langsung ter-upload masuk ke Bawaslu RI.

"Kami akan mengumumkan secara resmi hasil tes ini dan berdasarkan peringkat nantinya peserta yang lulus akan mengikuti tes wawancara pada tanggal 18 Mei 2024," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024