Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan calon jamaah haji (Cjh) asal wilayah itu diberangkatkan ke embarkasi Palembang, Sumatera Selatan menjelang subuh atau pukul 04.00 WIB.

"Terdata sebanyak 445 calon jamaah haji dan lima orang petugas kelompok terbang diberangkatkan dari asrama haji Kota Pangkalpinang menuju embarkasi Palembang menjelang sholat subuh," kata panitia pemberangkatan jamaah Kemenag Bangka, Gazali, di Sungailiat, Selasa.

Ia mengatakan, diberangkatkan ratusan calon jamaah haji pada pukul itu karena sesuai standar operasional prosedur (SOP) maskapai Saudi Airline, seluruh penumpang harus tiba di bandara Palembang empat jam sebelum terbang menuju Madinah.

"Meskipun diberangkatkan menjelang subuh, diharapkan tidak menjadi gendala bagi calon jamaah haji yang nampak begitu semangat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekah," jelas dia.

Ia mengatakan, sebelum diberangkatkan ke embarkasi dan melanjutkan penerbangan ke Madinah, seluruh calon jamaah haji diwajibkan menjalani pemeriksaan kesehatan dari tim medis.

"Hasil pemeriksaan semua  calon jamaah haji dinyatakan sehat meskipun ada beberapa orang calon jamaah haji yang terpaksa memakai kursi roda karena pertimbangan usia," kata Gazali.

Menurut dia, calon jamaah haji yang diberangkatkan hari ini adalah calon jamaah haji kloter empat bergabung dengan calon jamaah haji asal daerah lain seperti, dari Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Barat dan Bangka Tengah.

Untuk calon jamaah haji kelompok terbang lima, akan masuk ke asrama haji di Kota Pangkalpinang pada, Rabu (15/4) untuk selanjutnya terbang ke embarkasi Palembang dan melanjutkan Madinah.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024