Muntok (Antara Babel) - Badan Narkotika Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat menggelar razia di sejumlah sekolah untuk mengantisipasi peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar di daerah itu.

"Hari ini kami lakukan pengawasan di empat sekolah di Kecamatan Muntok, hasilnya tidak ditemukan narkotika psikotropika dan zat adiktif di lingkungan sekolah tersebut," kata Sekretaris Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Bangka Barat, Saiful Fahmi di Muntok, Rabu.

Ia mengatakan, target sekolah di Kecamatan Muntok yang dirazia hari ini yaitu SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3 dan Madrasah Aliyah Negeri Muntok.

Menurut dia, pelaksanaan pencegahan di lingkungan sekolah tersebut akan dilakukan secara terus-menerus, selain sosialisasi yang juga akan digencarkan.

Ia menambahkan, kegiatan seperti itu sudah beberapa kali digelar, baik di sekolah menengah pertama maupun tingkat atas sebagai upaya pencegahan.

"Kami memang tidak menemukan narkoba di dalam tas para pelajar, namun kami temukan ada beberapa siswa yang membawa telepon seluler berisi film yang tidak layak dikonsumsi pelajar," katanya.

Hasil temuan tersebut, ujarnya, langsung dilaporkan kepada pihak sekolah agar bisa dilakukan pembinaan sesuai dengan aturan di sekolah tersebut.

"Kami berharap kejadian serupa tidak terulang dan diharapkan pihak sekolah dan orang tua aktif melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya agar tidak terjerumus dalam perilaku negatif," katanya.  

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016