Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membekali calon haji dengan alat kesehatan, guna mengantisipasi cuaca ekstrem selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci Makkah.

"Masing-masing calon haji mendapatkan kelengkapan kesehatan seperti masker, semprot muka, tisu basah dan lainnya," kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Babel H Rebuan di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan pembekalan kelengkapan atau peralatan kesehatan ini bagi calon haji ini, sebagai langkah Kementerian Agama untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada jamaah calon haji selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci Makkah.

"Kondisi cuaca panas di Makkah cukup ekstrem. Berdasarkan informasi, suhu udara di tanah suci masih di bawah 48 derajat celcius atau cukup panas dibandingkan tahun sebelumnya mencapai 48 derajat celcius," katanya.

Ia mengimbau calon haji untuk selalu menjaga kesehatan, menggunakan masker dan memperbanyak air mineral agar tidak mengalami kekurangan cairan selama menjalankan ibadah haji.

"Kami berharap calon haji untuk selalu menggunakan masker, karena debu-debu berterbangan akibat hawa panas ini sehingga dapat menimbulkan gangguan pernafasan dan lainnya," katanya.

Ia berharap para calon haji untuk selalu mengikuti saran dan arahan dokter yang bertugas mendampingi jamaah dalam melaksanakan tahapan haji di tanah suci Makkah.

"Jika dokter atau perawat mengimbau calon haji memakai masker dan diharapkan mengikutinya agar selalu sehat menjalankan ibadah hajinya," katanya.

Ia menambahkan jumlah calon haji yang berangkat haji 2024 sebanyak 1.111 orang dan berusia lansia cukup banyak dibandingkan tahun sebelumnya, sehingga berpotensi mengalami gangguan kesehatan selama menjalankan ibadah haji.

"Calon haji lansia tahun ini cukup banyak. Paling tinggi berusia 83 tahun dan termuda 19 tahun," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024