Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjamin stok bawang dan cabai mencukupi, karena pasokan komoditas itu lancar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Saat ini stok bawang merah, putih, cabai besar dan rawit cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat yang normal," kata Kepala Disperindag Provinsi Kepulauan Babel Tarmin AB di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan saat ini stok bawang merah di 10 gudang distributor mencapai 27,5 ton dan tidak ada penambahan pasokan dalam minggu ini karena stok cukup berlimpah untuk memenuhi konsumsi masyarakat.

"Saat ini stok bawang merah di gudang distributor dan pedagang eceran sangat banyak, sehingga mereka tidak melakukan penambahan pasokan komoditas tersebut," ujarnya.

Sementara itu, stok bawang putih di 11 gudang distributor sebanyak 10,7 ton dan akan ada penambahan pasokan 17 ton, sehingga total stok bawang putih dalam minggu ini mencapai 27,7 ton.

Stok cabai rawit di dua gudang distributor sebanyak 0,9 ton dan masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Demikian juga stok cabai besar atau kriting di tiga distributor sebayak 1,4 ton dan masih cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat normal yang cenderung mengalami penurunan.

"Dalam minggu ini tidak ada penambahan pasokan cabai rawit dan kriting, karena stok cukup berlimpah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya.

Menurut dia, pelaku usaha tidak melakukan penambahan pasokan cabai dan bawang merah ini untuk mengantisipasi kerugian, karena dagangan busuk tidak laku terjual.

"Komoditas ini tidak bisa bertahan lama dan jika tidak terjual dalam seminggu, maka cabai dan bawang merah ini busuk dan akhirnya pedagang mengalami kerugian yang cukup besar," katanya. 
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024