BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meluncurkan Gerakan Serempak Guna Eliminasi Kemiskinan Dan Stunting Babel "Rampak Gemilang", sebagai upaya bersama dalam percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dan penurunan stunting.

Peluncuran Gerakan Rampak Gemilang ini sebagai tindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang  Percepatan Penurunan Stunting Yang Holistik, Integratif, Dan Berkualitas Melalui Koordinasi, Sinergi dan Sinkronisasi Antara Pemangku Kepentingan. Selain itu, Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Mhd.Irzal mengatakan kegiatan intervensi serentak di Kabupaten Bangka Barat ini dalam rangka menurunkan kemiskinan ekstrim dan stunting di daerah.
 

Di kegiatan ini BKKBN Babel berkontribusi membuka pelayanan KB kepada semua pasangan usia subur di Simpang Yul, penyerahan buku profil keluarga beresiko stunting berdasarkan dari hasil verifikasi dan pendataan keluarga tahun 2023 untuk kabupaten bangka barat karena semua kecamatan ada.

"Selain itu ada juga penandatanganan komitmen tentang pemanfaatan data kependudukan bersama Pj Gubernur Babel dan Dinsos PMD Bangka Belitung serta penyerahan honorarium tim pendamping keluarga untuk keluarga beresiko stunting. Dalam satu desa ada 3 orang kader yang mendampingi 150 keluarga beresiko stunting di satu desa. Ketiga kader adalah bidan, ada juga yang dari PKK dan KB," terang Irzal.

Ia menambahkan, Ketua TPPS Desa Tempilang san Desa Simpang Yul dari kabupaten Bangka Barat menjadi nara sumber dalam pertemuan regional kedua intervensi serentak penurunan stunting wilayah jawa-bali di tingkat nasional.
 

"Provinsi kita diundang sebagian Best practise dan ini pertama kalinya kita diundang sebagai nara sumber kegiatan tingkat nasional," ujarnya.

Pj Gubernur Babel, Safrizal ZA yang juga hadir dalam kegiatan Rampak Gemilang mengatakan Rampak Gemilang ini upaya pemerintah daerah melahirkan kembali semangat kesetiakawanan khususnya dalam mengatasi masalah stunting dan kemiskinan.

Peluncuran Rampak Gemilang di gelar di SD Negeri 17 Desa Tempilang Kabupaten Bangka Barat.
 

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024