Muntok (Antara Babel) - Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Allani mendukung penuh rencana kerja sama bidang peternakan sapi antara Pemerintah Daerah setempat dengan Pemprov DKI Jakarta sebagai upaya penguatan ketahanan pangan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

"Rencana yang akan dilakukan dengan pola industri tersebut jelas akan berdampak pada meningkatnya keterampilan peternak lokal melalui transfer teknologi yang akan dilakukan tim dari PD Darmajaya," katanya di Muntok, Minggu.

Selain itu, kerja sama tersebut akan berdampak pada pemberdayaan warga lokal yang akan membantu meningkatkan perekonomian warga dalam bidang peternakan.

Sebagai bentuk dukungan nyata APDESI Kabupaten Bangka Barat untuk menyukseskan kerja sama tersebut yaitu dengan penyediaan lahan dan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di masing-masing desa.

"Kami juga mendorong para kepala desa untuk menyediakan anggaran sebagai modal BUMDes dalam menjalankan kerja sama ternak sapi," katanya.

Dengan adanya berbagai persiapan yang sudah direncanakan tersebut, ia berharap kerja sama antardaerah bisa segera direlisasikan agar populasi sapi di Bangka Barat semakin meningkat dan ke depan bisa menjadi sentra sapi Babel," kata dia.

"Melalui kegiatan yang akan terus kami kontrol pelaksanaannya itu kami yakin ke depan persediaan sapi daerah meningkat dan harga daging sapi bisa lebih murah," katanya.

Ketua Kelompok Tani Desa Ibul, Kecamatan Simpangteritip, Landa mengharapkan program tersebut bisa segera direalisasikan agar warga bisa mendapatkan pekerjaan yang prospektif  untuk mendorong kemandirian.

"Lapangan pekerjaan semakin sempit dan harga beberapa komoditas unggulan daerah saat ini juga sedang terpuruk, kami berharap adanya peternakan sapi skala besar ini bisa menjadi peluang usaha baru yang bisa meningkatkan perekonomian di daerah itu," ujarnya.

Hal ini dikatakan dua tokoh masyarakat tersebut terkait rencana kerja sama bidang peternakan sapi antara Pemkab Bangka Barat dengan DKI Jakarta yang saat ini sudah mencapai tahap serius.

Bukti keseriusan rencana kerja sama tersebut, pada Jumat (12/8) Pemprov DKI Jakarta mengirimkan tim untuk meninjau lokasi yang akan dijadikan lahan peternakan sapi di Kecamatan Kelapa dan Simpangteritip.

Tim peninjau Pemprov DKI Jakarta yang terdiri dari Kepala Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kepala Biro Perekonomian, Kepala Biro Tata Pemerintahan, Direktur Utama PD Dharmajaya dan Kasubag Ketahanan Pangan tersebut mengaku cukup puas dengan persiapan yang dilakukan Pemkab Bangka Barat dan akan segera melaporkannya ke Gubernur Jakarta untuk tindaklanjut rencana detail kerja sama tersebut.

Selain meninjau lokasi ternak sapi, tim Pemprov DKI Jakarta juga melakukan penjajakan kemungkinan kerja sama di beberapa bidang lain, seperti pertanian, perikanan, perdagangan dan mereka juga menyempatkan diri ke lokasi sentra budi daya kerang darah di Desa Belolaut.  

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016