Hujan deras menghiasi upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar di Kabupaten Bangka pada hari, Sabtu (01/06/2024). Upacara tersebut berlangsung khidmat di tengah guyuran air hujan yang membasahi tanah.

Upacara Hari Lahir Pancasila yang diadakan setiap tanggal 1 Juni ini berlangsung di halaman Kantor Bupati Bangka, dengan inspektur upacara Pj Bupati Bangka M. Haris AR, AP, M.H dan dihadiri oleh unsur Forkopimda, pimpinan OPD, pimpinan instansi vertikal, berbagai elemen seperti ASN, TNI/Polri, pelajar/mahasiswa dan undangan lainnya. Meskipun hujan lebat turun sejak pagi, semangat untuk memperingati hari bersejarah tersebut tidak terhenti.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Bangka menyampaikan beberapa poin penting, berkenaan tentang tantangan bagi seluruh elemen masyarakat dalam merawat anugerah Pancasila sebagai ideologi bangsa. Seperti yang disampaikan dalam amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (RI), Yudian Wahyudi berikut ini.
.

"Perkembangan situasi global yang ditandai pesatnya kemajuan teknologi komunikasi menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa kita tidak mengalami disorientasi di masa depan. Masifnya penggunaan smartphone dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dimanfaatkan secara bijak untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila," katanya.

"Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia,"sambung Haris
 

Sesaat seusai agenda seremonial berakhir, M. Haris menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasinya kepada seluruh peserta upacara. Seraya memberikan applaus-nya atas kesuksesan pelaksanaan peringatan Hari Lahir Pancasila di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024