Calon haji asal Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengapresiasi pelayanan Kementerian Agama terhadap calon jamaah haji yang dinilainya memuaskan hingga tiba di Tanah Suci Makkah.

"Saya memberikan apresiasi besar kepada Kemenag yang memberikan layanan bagi calon jamaah haji cukup baik," kata calon haji kloter 05 PLM, asal Kabupaten Bangka, Yuwanda Eka Putera melalui layanan daring, Kamis. 

Mulai pemberangkatan saat masih di Tanah Air sampai ke Madinah beberapa hari kemudian dilanjutkan ke Kota Makkah kata dia, semua layanan tidak ada yang mengecewakan jamaah calon haji.

Bahkan saat tiba di Madinah, calon jamaah haji di pondokan di hotel berbintang lima dan empat saat di Makkah.

Layanan kesehatan untuk jamaah kata dia, juga mudah dijangkau oleh jamaah karena Kemenag membuka posko layanan kesehatan di masing - masing hotel tempat calon haji menginap.

"Bahkan bagi jamaah yang tidak mampu ke posko kesehatan karena alasan tertentu, tim kesehatan akan mendatangi jamaah di kamar hotel," katanya menjelaskan.

Yuwanda mengatakan, untuk layanan katering disediakan makanan khas Indonesia yang sehat sesuai kebutuhan dan selera jamaah. Jadwal makan selalu tepat waktu dan tidak pernah mengalami keterlambatan bahkan disiapkan lebih awal. Begitu pula layanan transportasi yang dibutuhkan jamaah sudah sesuai harapan.

"Saya berharap, layanan seperti ini masih tetap dipertahankan pada musim haji tahun depan oleh Kemenag sehingga calon jamaah haji merasa puas," ujarnya.

Sambil menunggu pelaksanaan puncak rangkaian haji yang menjadi rukun haji pada tanggal 9 sampai 13 Zulhijah, calon jamaah haji sudah berada di Kota Makkah mengisi dengan berbagai kegiatan ibadah sunah.

Panitia Pemberangkatan Jamaah Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka, Gazali mengingatkan seluruh calon jamaah haji asal daerah itu, supaya benar-benar bisa menjaga kesehatan karena akan menghadapi rangkaian kegiatan ibadah yang membutuhkan stamina kuat.

"Saya minta semua jamaah menjaga kesehatan, memperbanyak konsumsi air mineral dan buah-buahan termasuk segera ke layanan kesehatan jika mengalami gangguan kesehatan karena diketahui semua jamaah akan menghadapi rangkaian ibadah yang cukup berat," jelas dia.

Tercatat jumlah calon haji asal Kabupaten Bangka tahun 2024 sebanyak 300 orang lebih terbagi dalam dua kelompok terbang 04 dan kelompok terbang 05 PLM.

Calon jamaah haji asal Kabupaten Bangka yang bergabung dengan calon jamaah haji asal daerah lain dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diberangkatkan melalui Embarkasi Palembang, Sumatera Selatan.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024