Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyebutkan para pelaku usaha menambah pasokan 20 ton daging ayam ras guna mengantisipasi lonjakan permintaan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H.

"Kami pastikan stok daging cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut hari raya kurban ini," kata Kepala Disperindag Provinsi Kepulauan Babel Tarmin AB di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan dengan adanya tambahan pasokan 20 ton daging ayam broiler ini maka stok daging ayam yang ada di lima distributor mencapai 446,2 ton dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H.

Sebanyak 446,2 ton stok daging ayam tersebut tersebar di gudang distributor PT Semesta Mitra Sejahtera 300 ton, UD Satwa 40 ton, Pelita Trijaya Bersinar 53 ton, Hypermary 0,2 ton dan PT Ciomas 73 ton.

"Stok daging ayam ini belum termasuk persediaan di pedagang eceran dan peternak ayam usaha rumah tangga, sehingga stok daging ayam ini mencapai 500 ton lebih," katanya.



Ia menyatakan stok daging ayam yang mencukupi ini berdampak langsung terhadap harga yang masih bertahan normal di pedagang eceran pasar modern dan tradisional di Kota Pangkalpinang.

Harga daging ayam broiler di Pasar Pembangunan dan Pasar Pagi Kota Pangkalpinang bertahan normal Rp32.000 per kilogram dan ayam kampung Rp75.000 per kilogram.

"Saat ini permintaan daging ayam sudah mengalami peningkatan, karena menjelang Hari Raya Idul Adha ini masyarakat menggelar berbagai tradisi doa bersama menyambut hari raya kurban ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024