Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menurunkan ratusan petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) langsung ke lapangan untuk mencocokkan data pemilih pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Kabupaten Bangka, Sinarto di Sungailiat, Senin usai melantik 245 orang pantarlih wilayah Sungailiat.

"Terhitung mulai hari ini, 24 Juni sampai 25 Juli 2024 petugas pantarlih akan berkunjung ke rumah warga untuk memastikan data calon pemilih Pilkada 2024," katanya.

Ia mengatakan, perlunya pencocokan data pemilih guna memastikan apakah calon pemilih pada pemilu lalu mengalami perubahan atau tidak seperti, pindah jiwa atau meninggal dunia.

"Pencocokan data pemilih dilakukan serentak oleh petugas pantarlih yang mencapai 800 orang lebih tersebar di delapan wilayah kecamatan di Kabupaten Bangka," jelas dia.

Sinarto mengatakan petugas pantarlih yang diterjunkan di lapangan semua dilengkapi dengan identitas termasuk pakai seragam rompi khusus dari KPU sehingga memudahkan masyarakat mengenali.

"Saya berharap masyarakat memberikan data yang akurat kepada petugas pantarlih saat dilakukan pendataan supaya tidak terjadi kesalahan jumlah pemilih pada Pilkada 2024," ujarnya.

Dia berharap angka partisipasi pemilih pada Pilkada 2024 dapat tercapai maksimal atau lebih dari 80 persen pemilih.

Dia memastikan petugas pantarlih akan menjalankan tugas di lapangan sesuai dengan ketentuan karena sudah mendapat pembekalan bimbingan teknis.


 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024