Unit Pelaksana Teknis Dinas Rumah Promosi dan Kemasan (RPK) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan keterampilan para operator agar semakin terampil menjalankan tugas pelayanan untuk masyarakat.

"Pelatihan peningkatan keterampilan para tenaga operator produksi kemasan ini penting untuk menunjang pekerjaan seiring perkembangan teknologi yang semakin maju sehingga mereka mampu menjalankan tugas dan produk yang dihasilkan memiliki daya saing," kata Kepala UPTD Rumah Promosi dan Kemasan, Dinas Perindag Provinsi Babel Alfatah Suriaan di Pangkalpinang, Selasa.

Kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan operator cetak kemasan mendatangkan instruktur tenaga ahli di bidang cetak kemasan dari UPTD Balai Industri Kreatif Digital dan Kemasan Disperindag Provinsi Jawa Tengah.

"Kami berharap setelah pelatihan ini kemampuan dan keterampilan para operator produksi kemasan semakin meningkat dan mampu menghasilkan produk yang kreatif dan inovatif untuk mendukung perkembangan UMKM di Babel," katanya.

Menurut dia, pelatihan bertujuan untuk optimalisasi penggunaan mesin dan peningkatan kemampuan operator produksi serta pengembangan kemasan karton kardus, pencetakan digital di UPTD Rumah Promosi dan Kemasan.

"Kita sudah mengajukan surat permohonan instruktur yang ahli di bidangnya, ke UPTD. Balai Industri Kreatif Digital dan Kemasan Jateng. Jadi instruktur kompeten dari sana akan hadir memberikan pelatihan operator mesin kemasan dan kemampuan lainnya," katanya.

Kepada para operator yang menjadi peserta pelatihan diminta untuk selalu meningkatkan kemampuan diri, baik dari sisi pengetahuan maupun keterampilan sehingga membawa dampak yang baik juga pada perkembangan UMKM dan UPTD Rumah Promosi dan Kemasan.

Kepala Seksi Pelayanan Teknis UPTD RPK Disperindag Babel Zaldy mengatakan untuk meningkatkan kemampuan operator pihaknya mengundang satu tenaga ahli di bidang operator cetak kemasan dari UPTD Balai Industri Kreatif Digital dan Kemasan Disperindag Jateng.

"Kita undang tenaga ahlinya, semoga berjalan dengan lancar dan mampu meningkatkan kemampuan operator kita dengan baik," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024