Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan jumlah penumpang angkutan udara yang berangkat dari Kepulauan Babel pada Mei 2024 sebanyak 67,38 ribu orang, atau turun 35,22 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya 104,01 ribu orang.

"Penurunan ini tidak hanya terjadi di keberangkatan, tetapi juga kedatangan penumpang angkutan udara di dua bandara daerah ini," kata Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Toto Haryanto Silitonga dalam keterangan yang dikutip di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan penurunan keberangkatan jumlah penumpang angkutan udara terjadi di Bandar Udara Depati Amir Pangkalpinang turun 37,40 persen dan H.A.S. Hanandjoeddin Belitung turun 30,22 persen.

"Apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu atau Januari hingga Mei 2023 jumlah penumpang yang berangkat turun sebesar 3,96 persen," ujarnya.

Ia menyatakan jumlah penumpang yang datang ke bandar udara di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama Mei 2024 sebanyak 71,49 ribu orang menurun sebesar 27,45 persen dibanding bulan sebelumnya.

"Penurunan jumlah kedatangan penumpang terjadi pada Bandar Udara Depati Amir dan H.A.S. Hanandjoeddin masing-masing sebesar 30,31 dan 20,79 persenm," katanya.

Ia menambahkan jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu (Januari-Mei 2023), kedatangan penumpang tercatat turun sebesar 5,47 persen.

"Penurunan jumlah penumpang angkutan udara ini karena menurunnya kunjungan wisatawan ke Pulau Belitung dan Bangka," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024