Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja (DKUKMPTK) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat harga bahan kebutuhan pokok terpantau normal periode awal Juli 2024, seiring terjaganya ketersediaan bahan kebutuhan pokok di tingkat distributor daerah itu.

"Harga bahan kebutuhan pokok di pasar induk Tanjung Pandan pada awal Juli terpantau normal," kata Kepala Bidang Usaha Perdagangan DKUKMPTK Belitung Hamzah di Tanjung Pandan, Kamis 

Menurut dia, berdasarkan hasil kegiatan pengawasan harga bahan kebutuhan pokok di pasar induk Tanjung Pandan didapati hasil bahwa harga bahan kebutuhan pokok terpantau normal atau tidak ada yang mengalami kenaikan.

Ia mengatakan, beras cap Sawah (medium) dijual Rp16 ribu per kilogram, beras cap Sendok (medium) Rp16 ribu per kilogram, beras cap Permata (premium) Rp17.400 per kilogram, dan beras SPHP Perum Bulog Rp12.000 per kilogram.

Selanjutnya harga daging sapi murni dijual Rp160 ribu per kilogram, daging ayam ras Rp35 ribu per kilogram, ayam kampung utuh Rp55 ribu per ekor, telur ayam ras Rp32 ribu per kilogram, dan telur ayam kampung Rp37 ribu per kilogram. 

Sedangkan harga cabai rawit merah dijual Rp45 ribu per kilogram, cabai merah keriting Rp45 ribu per kilogram, bawang merah Rp45 ribu per kilogram, dan bawang putih Honan Rp40 ribu per kilogram.

"Komoditi bumbu dapur juga terpantau stabil dan tidak mengalami kenaikan harga selepas Idul Adha 1445 Hijriah lalu," ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam beberapa bulan terakhir harga bahan kebutuhan pokok di daerah itu terpantau normal dan tidak ada fluktuasi harga yang siginifikan.

Kondisi ini, lanjut Hamzah, bisa jadi ditengarai oleh kondisi daya beli masyarakat yang melemah dalam beberapa waktu terakhir.

"Kami berharap ekonomi segera pulih sehingga memberikan dampak bagi rekan-rekan pedagang di pasar," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024