Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, MZ Hendra Caya mengatakan kegiatan Belitung Expo 2024 yang berlangsung di kawasan wisata pantai Tanjung Pendam mulai 1-5 Juli 2024 sukses meningkatkan pendapatan pelaku UMKM di daerah itu.

"Alhamdulillah, kegiatan Belitung Expo 2024 berjalan dengan lancar dan sukses tentunya manfaat kegiatan ini sangat dirasakan oleh para pelaku UMKM yang menjadi peserta," katanya saat menutup kegiatan Belitung Expo 2024 di Tanjung Pandan, Minggu.

Menurut dia, jumlah transaksi kegiatan Belitung Expo 2024 mencapai Rp 1,2 miliar sehingga manfaatnya sangat dirasakan oleh para pelaku UMKM di daerah itu.

"Artinya dalam satu malam ada sekitar Rp250 juta uang yang berputar di dalam daerah tepatnya di kawasan wisata pantai Tanjung Pendam," ujarnya.

Menurut dia, salah satu tujuan dilaksanakan kegiatan Belitung Expo 2024 adalah untuk  mengembalikan kejayaan sektor pariwisata Belitung yang terpuruk karena pandemi COVID-19 lalu. 

"Melalui Belitung Expo 2024 ini kami harapkan bisa membangkitkan kembali kejayaan pariwisata Belitung," katanya.

Ia menambahkan, pemerintah daerah terus berupaya memberdayakan ekonomi masyarakat dengan memberikan ruang kepada pelaku UMKM untuk mempromosikan dan menjual produk mereka. 

"Salah satunya adalah kami akan menggelar rutin kegiatan semacam ini namun leading sector tidak hanya pemda bisa BUMN dan swasta saling terlibat mendukung pemulihan dan kebangkitan pariwisata serta UMKM Belitung," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024