Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) bersama Perkumpulan Srikandi Kreatif Indonesia (Persikindo) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melatih menjahit warga binaan permasyarakatan (WBP) di Lapas Perempuan Kota Pangkalpinang.

"Dalam waktu dekat ini kita akan mengelar pelatihan menjahit bagi WBP wanita di Lapas Perempuan Pangkalpinang," kata Penjabat Ketua BKOW Provinsi Kepulauan Babel Safriati Safrizal ZA di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan pelatihan menjahit bagi narapidana perempuan di lembaga permasyarakatan ini, guna meningkatkan keterampilan menjahit kaum perempuan yang menjalani masa pidana di lapas.

"Ini adalah fungsi sosial organisasi perempuan untuk meningkatkan sumber daya manusia kaum perempuan yang berkualitas dan mampu menopang perekonomian keluarganya," katanya.

Baca juga: Persikindo Babel gelar fashion show batik rayakan HUT ke-2

Baca juga: Dekranasda - Persikindo Babel kembangkan UMKM

Ketua DPD Persikindo Provinsi Kepulauan Babel Isnawaty mengatakan dengan adanya pelatihan ini tidak hanya dapat meningkatkan keterampilan kaum perempuan di lapas ini tetapi juga bisa menghabiskan waktu di dalam lapas dengan menjahit.

"Kita akan bantu hasil karya-karya narapidana perempuan ke pasaran, sehingga mereka juga bisa mendapatkan penghasilan selama menjalani hukuman di lapas," katanya.

Ia menyatakan Persikindo telah beberapa kali melakukan pelatihan kepada WBP Perempuan di Lapas Perempuan Pangkalpinang, misalnya pelatihan ecoprint batik bagi 100 WBP perempuan dan lainnya.

"Pada HUT pertama kemarin, Persikindo bekerja sama dengan PT Timah Tbk melakukan pelatihan ecoprint batik dan HUT ke-2 tahun ini, kita bersama BKOW Babel akan menggelar pelatihan menjahit bagi WPB di Lapas Perempuan Pangkalpinang," katanya.  

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024