Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membentuk forum pengawasan dini terhadap berbagai bentuk ancaman gangguan kesehatan dan keamanan di masyarakat.

"Forum ini kita bentuk untuk cepat tanggap dan lebih terorganisir dalam menangani segala bentuk gangguan kesehatan dan keamanan yang terjadi di masyarakat," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Jumat.

Ia berharap, forum pengawasan dini mampu menjadi mata dan telinga pemerintah dalam mendeteksi berbagai ancaman, baik potensi ancaman kesehatan maupun kamtibmas.

"Dengan adanya forum ini tentu saja berbagai informasi terkait kondisi kesehatan dan keamanan warga lebih cepat diketahui serta diatasi," ujarnya.

Ia mengatakan forum pengawasan dini juga fokus dalam penanganan kasus stunting dan mengamati perkembangan para lanjut usia (lansia).

"Kasus stunting menjadi atensi dan fokus kita, penanganannya dilakukan secara masif dan forum ini diharapkan mampu berperan dalam memantau tumbuh kembang anak," ujarnya.

Penanganan persoalan para lanjut usia, kata dia, menjadi tanggung jawab pemerintah dalam menjamin kehidupan yang layak pada masa tua mereka.

"Saya tentu saja mengharapkan forum pengawasan dini yang sudah dibentuk dan dikukuhkan ini dapat menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat, sehingga lebih cepat diketahui berbagai persoalan yang terjadi di tengah warga," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024