Muntok (Antara Babel) - Pelaku wisata di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan menyajikan kuliner khas lokal untuk menjamu peserta Jambore Sepeda Lipat Nasional (Jamselinas) VI berlangsung di wilayah itu, 2-4 September 2016.

"Kami akan sajikan berbagai kue dan masakan khas lokal yang memiliki cita rasa unggul agar para peserta terkesan dan betah berlama-lama tinggal di ujung barat Pulau Bangka," ujar Manajer Hotel Pasadena, Supeni di Muntok, Senin.

Ia mengatakan, penyediaan menu makanan berat dan kue khas Muntok tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan pelaku usaha wisata tersebut untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Menurut dia, selama ini Muntok terkenal dengan sebutan kota 1.000 kue yang memang terbukti memiliki begitu banyak jenis dan ragam makanan jajanan murah yang bisa didapatkan di pasar dan warung-warung kecil.

"Kami berharap pelayanan yang diberikan memberikan kesan mendalam kepada para tamu dan suatu saat mereka akan datang lagi ke Muntok," kata dia.

Ia menerangkan, beberapa jenis kuliner yang akan disajikan berupa jajanan khas lokal seperti kue pelite, roti berut, pantiaw dan tumpik silong yang bercita rasanya cukup enak.

"Melalui kegiatan tahunan tersebut kami akan manfaatkan untuk ikut serta dalam mempromosikan kuliner lokal," kata dia.

Selain memberikan pelayanan prima yang diberikan para pelaku usaha wisata, dia berharap masyarakat setempat juga memberikan dukungan dalam bentuk menerima kedatangan para tamu yang datang ke daerah itu dengan mengedepankan sapta pesona.

"Kesan mendalam terkait sosial budaya lokal akan menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung kembali, untuk itu kami selalu menekankan kepada seluruh pegawai untuk memberikan keramahan kepada siapa saja yang datang," kata dia.

Ia mengaku, saat ini seluruh kamar di hotel yang dikelolanya sudah dipesan oleh para peserta Jamselinas.

"Sebagai bentuk dukungan kegiatan tersebut, kami juga menyediakan transportasi gratis kepada seluruh tamu menuju Museum Timah indonesia Muntok," kata dia.

Jamselinas akan diikuti lebih dari 150 orang peserta dari luar daerah, seperti Jakarta, Tasikmalaya, Bandung, Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Makassar, Palembang, Balikpapan, dan lebih dari 50 orang dari berbagai daerah di Babel.

Selain menggelar temu anggota komunitas pesepeda lipat, kegiatan itu akan dimanfaatkan untuk mempromosikan berbagai potensi dan objek wisata Bangka Barat yang ada di Muntok yang kaya akan bangunan peninggalan sejarah. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016