Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menyiapkan sembilan kendaraan roda dua untuk digunakan sebagai layanan puskesmas keliling di wilayah kerja puskesmas.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinkes Kabupaten Bangka Susi Avmita di Sungailiat, Sabtu, mengatakan penyediaan sembilan kendaraan roda dua yang digunakan untuk puskesmas keliling merupakan bagian dari upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang maksimal.

"Dengan kendaraan roda dua, petugas kesehatan akan mudah menjangkau masyarakat desa yang jauh dari layanan puskesmas atau layanan di puskesmas pembantu," kata dia.

Dia mengatakan sembilan sepeda motor atau kendaraan roda dua itu diserahkan pada masing-masing puskesmas, seperti di Puskesmas Sungailiat, Sinar Baru, Bakam, Riau Silip, Gunung Muda, Belinyu, Puding Besar, Petaling, dan Puskesmas Penagan.

Selain kendaraan roda dua yang disediakan untuk membantu kelancaran pelayanan kesehatan,  pihaknya juga menyerahkan satu mobil kedaruratan PSC 119 Sepintu Sedulang.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Bangka Asmawi Alie mengatakan dengan kelengkapan sarana kendaraan baik roda dua maupun mobil kedaruratan akan memaksimalkan petugas kesehatan memberikan hak pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Saya minta puskesmas yang memperoleh kendaraan operasional pelayanan kesehatan supaya dijaga dan dirawat dengan baik supaya tidak mengalami kendala saat menjangkau ke masyarakat," kata dia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024