Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima bantuan peralatan jaringan telekomunikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

"Melalui person in charge (PIC) program dari Kementerian Kominfo, tahun ini kita mendapatkan alokasi peralatan penyediaan sinyal internet sebanyak lima belas titik," kata Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bangka Selatan Yuri Siswanto di Toboali, Sabtu.

Bantuan peralatan jaringan telekomunikasi akan menyasar sepuluh desa di Kabupaten Bangka Selatan yakni Desa Nadung, Ranggung, Paku, Bedengung, Nyelanding, Airgegas, Tanjung Labu, Tukak, Airbara, dan Sebagin.

"Penempatan peralatan penyediaan sinyal internet ini seperti di sekolah, puskesmas, objek wisata dan kantor desa," ujarnya.

Yuri mengatakan, untuk mengoptimalkan penyediaan jaringan internet di wilayah Bangka Selatan, Dinas Komunikasi dan Informatika secara berkala melakukan pengecekan dan memetakan kondisi kekuatan jaringan telekomunikasi yang disediakan oleh provider.

"Saat ini masih ada beberapa titik lokasi yang tersedia jaringan sinyal tetapi kekuatannya lemah dan telah kita usulkan ke Kementerian Kominfo dan termasuk operator telekomunikasi untuk didorong menjadi bagian dari bussines plan," ujarnya.

Ia menghimbau kepada pihak desa, sekolah, puskesmas dan sentra pelayanan publik lainnya yang jangkauan sinyalnya masih lemah untuk memanfaatkan peralatan penyediaan sinyal yang berbasis satelit.

"Saat ini teknologi tersebut sudah tersedia dan menjadi solusi yang tepat. Semoga dengan adanya peralatan ini proses administrasi, dan pelayanan publik semakin meningkat," ujarnya.

Kepala Bidang E-Government Diskominfo Bangka Selatan Metriyopi mengatakan, peralatan penyediaan sinyal internet saat ini sudah tahap persiapan pengiriman ke lokasi.

"Untuk instalasi peralatan akan langsung ditangani oleh teknisi dari pihak Kominfo. Mudah mudahan semua berjalan lancar dan segera berfungsi," ujarnya .

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024