Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memastikan stok daging sapi dan ayam mencukupi untuk kebutuhan masyarakat, karena pasokan dari luar daerah lancar.

"Kami memastikan stok cukup dan harga daging stabil," kata Kepala Disperindag Provinsi Kepulauan Babel Tarmin AB di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan saat ini stok daging sapi di lima distributor Pulau Bangka dan Belitung mencapai 34.900 ton dan akan ada penambahan pasokan 2.000 ton, sehingga total stok daging sapi segar dalam minggu ini sebanyak 36.900 ton.

Sementara itu, harga daging sapi segar di Pasar Pembangunan Pangkalpinang masih bertahan normal seperti daging bagian paha belakang atau kualitas satu Rp130.000 per kilogram, paha depan Rp130.000 per kilogram, sandung lamur Rp80.000 per kilogram dan tetelan Rp70.000 per kilogram.

"Saat ini permintaan daging mengalami penurunan, karena daya beli masyarakat yang turun," katanya.

Ia menyatakan stok daging ayam saat ini sebanyak 414,4 ton dan akan ditambah pasokan 15 ton, sehingga total stok dalam pekan ini sebanyak 429,4 ton dan cukup untuk memenuhi kebutuhan daging ayam masyarakat.

Sementara itu, harga daging ayam broiler atau ras masih bertahan normal Rp36.000 per kilogram dan harga daging ayam kampung Ro60.000 per kilogram.

"Kami berharap para pelaku usaha untuk terus menambah pasokan daging ini, agar tidak terjadi kenaikan harga tinggi di saat ekonomi masyarakat melesu. Ini tentunya akan memberat ekonomi masyarakat jika harga naik," katanya.   

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024