Pangkalpinang (Antara Babel) - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pangkalpinang yang lolos ke puratan kedua Saparudin-Maulana Aklil (Udin-Molen) menyatakan akan fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).


"Kualitas SDM yang mampu menguasai iptek menjadi salah satu unsur utama dalam memajukan berbagai sektor kehidupan karena berfungsi sebagai penggerak dan indikator pembangunan daerah," kata Saparudin di Pangkalpinang, Senin.


Ia mengatakan, latar belakang pendidikannya sebagai lulusan ilmu komputer dan teknologi informatika dapat menjadi dasar serta pegangan dalam merealisasikan program tersebut.


"Saya sudah pernah menerapkan pembangunan berbasis iptek di Universitas Sriwijaya selama menjadi dosen Fakultas Ilmu Komputer dan hasilnya menjadikan kampus itu masuk dalam 10 besar nasional universitas pengguna teknologi," ujarnya.


Menurut dia, SDM yang menguasai iptek akan mampu menghadapi tuntutan pembangunan daerah yang semakin kompleks seiring dengan perkembangan era informasi dan globalisasi.


"Kualitas dan kompetensi SDM memiliki peran penting dalam menentukan arah serta kemajuan pembangunan daerah sehingga penguasaan iptek sangat diperlukan," kata Saparudin.


Selain itu, menurut dia, pembangunan daerah juga harus sejalan dengan penigkatakan kualitas pendidikan, pelayanan kesehatan, perekonomian dan religiusitas masyarakat.


"Keempat unsur pembangunan tersebut sangat berkaitan dan mendukung dalam mewujudkan masyarakat Kota Pangkalpinang yang cerdas, sehat, produktif dan religius," ujarnya.


Ia berharap, masyarakat lebih bijak dan teliti dalam memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pangkalpinang pada pilkada putaran kedua karena akan menentukan arah dan kemajuan pembanguanan daerah.


"Masyarakat jangan hanya melihat sosok calon pemimpinnya tetapi juga program, visi dan misi serta kemampuannya dalam merealisasikan hal tersebut," katanya.


KPU Pangkalpinang telah menetapkan dua pasangan calon yang maju ke putaran kedua yakni Saparudin-Maulana Aklil dan Muhammad Irwansyah-Muhammad Sopian.


Pilkada putaran kedua sendiri akan digelar pada 4 September 2013.

Pewarta: Pewarta: Ongku Sutan H

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013