Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Budi Utama hadir sebagai pembina upacara peringatan hari Pramuka Ke-63 tahun 2024 di Alun-Alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang, Kamis (15/8/2024).

“Kepada anggota Gerakan Pramuka di seluruh penjuru tanah air Indonesia terkhusus untuk anggota Gerakan Pramuka Se-Kota Pangkalpinang, saya mengucapkan selamat memperingati Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024,” ungkap Budi.

Budi menyampaikan gerakan pramuka telah menunjukkan eksistensinya dalam mempersiapkan generasi muda dan selalu menjadi garda terdepan untuk membentuk anggota pramuka yang berjiwa Pancasila serta menjaga keutuhan keutuhan negara Republik Indonesia sebagaimana yang telah ditegaskan dalam tema hari pramuka ke-63 ini yaitu “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”.

Kata Budi, saat ini generasi muda sedang dihadapkan dengan berbagai tantangan zaman yang penuh ketidakpastian, perkembangan teknologi dan komunikasi yang menjadikan hilangnya batas-batas negara karena mudahnya hubungan antar warga negara.

“Selain itu maraknya judi online yang menerpa generasi muda, aksi bullying, hingga kasus narkoba, hingga budaya asing yang telah menggerus budaya gotong royong dan nasionalisme generasi muda,” lanjutnya.

Menghadapi persoalan tersebut gerakan pramuka sangatlah tepat untuk menganalisasi situasi saat ini.

Budi menjelaskan gerakan pramuka memberikan pendidikan life skill, soft skill, serta dilengkapi dengan kecerdasan SESOSIF yaitu kecerdasan spiritual, intelektual, dan fisik yang menjadi postur ideal seorang pramuka sebagai generasi pembawa perubahan untuk bangsa Indonesia.

“Kegiatan dan upaya yang telah kita lakukan tersebut adalah bagian dari kontribusi gerakan pramuka dalam menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045 untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing,” ungkapnya.

Budi meyakini bahwa sumber daya manusia yang dipersiapkan oleh gerakan pramuka merupakan sumber daya manusia yang berjiwa pancasila karena dididik dengan Fundamental Value Transformation Gerakan Pramuka yaitu Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Dengan begitu Pramuka akan menjadi Aktor penggerak dan pilar kekuatan negara dalam menuju Indonesia Emas pada tahun 2045.

“Tentunya upaya tersebut perlu membangun sinergisitas, kolaborasi,dan partnership serta komitmen, konsisten maupun konsekuen dari Kakak-kakak sekalian dan seluruh stakeholder terkait lainnya,” jelasnya.

Diakhir sambutan, Budi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Gerakan Pramuka selama ini. 

Ia juga tak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada para pembina, pelatih, andalan, dan semua yang terlibat membantu.

“Harapan saya kepada Kakak-Kakak sekalian untuk bekerja lebih keras lagi sehingga dapat memajukan Gerakan Pramuka pada saat ini dan masa yang akan datang,” katanya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024