Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI telah menyusun rancangan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) yang akan disampaikan dalam Sidang Akhir Masa Jabatan MPR RI periode 2019-2024 untuk menjadi rekomendasi pembahasan dan putusan bagi MPR RI periode selanjutnya.
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengatakan PPHN akan menghasilkan penataan dan pengaturan penyelenggaraan negara yang harmonis, demokratis, dan berkualitas.

"PPHN akan menjadi pokok panduan bagi penyelenggaraan negara," ujar Bamsoet dalam Pidato Pengantar Sidang Tahunan MPR Tahun 2024 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat.

Dengan haluan negara sebagai kompas, kata dia, Indonesia akan terus maju menggapai bintang-bintang, serta menyongsong hari esok dengan penuh keyakinan dan kebanggaan.

Ia menyebutkan haluan negara merupakan prinsip-prinsip panduan (guidance principles) untuk menjalankan pembangunan nasional dan penyelenggaraan pemerintahan Indonesia yang berkelanjutan.

Ide besar menghadirkan kembali haluan negara, menurutnya, merupakan wujud kepedulian MPR dalam rangka mempercepat terwujudnya masyarakat Indonesia yang sejahtera, adil, dan makmur pada tahun 2045.

"Mari kita semua, dengan penuh kesadaran dan komitmen, menjaga dan merawat jalinan antara Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) Tahun 1945, dan haluan negara," ungkapnya.

Untuk itu, Bamsoet meminta agar seluruh pihak membiarkan cahaya Pancasila menerangi jalan, nadi UUD 1945 menjaga keseimbangan, dan haluan negara menjadi jembatan menuju masa depan untuk menggenggam erat cita-cita luhur yang telah ditetapkan dan api yang membakar semangat.

Dirinya menegaskan, setiap kebijakan maupun setiap program yang dijalankan merupakan cermin dari tekad MPR untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa, serta mengantarkan rakyat menuju kesejahteraan yang merata.

"Jalinan antara Pancasila yang berisi nilai-nilai falsafah, UUD 1945 yang mengandung hukum dasar tertulis, dan haluan negara adalah jantung dari praktik kehidupan berbangsa dan bernegara kita," tutur Ketua MPR.

Sidang Tahunan 2024 digelar dengan tema Nusantara Baru, Indonesia Maju yang terdiri atas Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, dan Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025.

Dalam Sidang Tahunan MPR RI-Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara, dan sekaligus pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-79 RI.

Selanjutnya, dalam Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato dalam rangka Pengantar/Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 beserta Nota Keuangannya.

Pewarta: Agatha Olivia Victoria

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024