Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membantu sosialisasi program Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap kedua agar pencapaian sesuai target yang dicanangkan.

"Kemarin kita telah meninjau langsung pelaksanaan PIN Polio tahap dua di Kantor Lurah Rawabangun, Tamansari, kita akan berupaya bersama-sama agar pelaksanaan vaksinasi ini bisa berjalan sukses sesuai target sasaran dan tepat waktu pelaksanaan," kata Penjabat Ketua TP PKK Kota Pangkalpinang Yuniar Putia Rahma di Pangkalpinang, Jumat.

Menurut dia, kesuksesan pelaksanaan PIN Polio tahap kedua dibutuhkan kerja sama dan sinergisitas semua pihak, sedangkan pihaknya telah menginstruksikan kepada para lurah, camat, dan kepala puskesmas untuk gerak cepat.

“Semua lapisan masyarakat saya harap dapat berpartisipasi supaya target kita lebih bagus dari sebelum," katanya.

Dia mengapresiasi Posyandu Melati I dan Melati II UPTD Puskesmas Kacang Pedang yang menghias tempat imunisasi dengan balon-balon untuk menarik perhatian anak-anak sehingga mau datang ke posyandu.

"Pos pelayanan yang menarik bisa menjadi pemikat anak-anak tetap gembira dan tertarik mengikuti vaksinasi ini. Kami juga memberikan apresiasi kepada seluruh tenaga kesehatan, kader posyandu dan seluruh pihak yang terlibat, saya mereka ahli di bidangnya dalam memberikan standar dan pelayanan yang baik," katanya.

Untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan PIN Polio tahap kedua, para kader diminta ikut memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan mengajak seluruh orang tua yang memiliki anak usia target untuk datang ke posyandu terdekat.

Bagi para orang tua yang anaknya belum menyelesaikan imunisasi polio dosis kedua diharapkan datang ke posyandu terdekat karena pemberian imunisasi di Kota Pangkalpinang dilaksanakan mulai 12 hingga 19 Agustus 2024.

Imunisasi ini diberikan gratis kepada bayi baru lahir hingga anak usia delapan tahun kurang satu hari.

"Cukup bawa kartu keluarga atau buku KIA untuk mendapatkan imunisasi ini, mari kita sukseskan PIN Polio tahap dua," katanya.

Polio adalah penyakit virus menular, dapat menyerang pada usia berapa pun, namun ada kecenderungan polio menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Try Mustika

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024