Sebanyak tiga bakal pasangan calon Pilkada Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mulai menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto.

Ketua KPU Belitung, Amir Husin di Tanjung Pandan, Jumat mengatakan pemeriksaan kesehatan ini merupakan bagian dari rangkaian tahapan pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Belitung di Pilkada 2024.

"Sebanyak tiga pasangan calon Bupati Belitung dan Wakil Bupati Belitung mulai hari ini bertolak ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan kesehatan," katanya.

Menurut dia, ketiga bakal pasangan calon tersebut adalah Djoni Alamsyah dan Syamsir, Isyak Meirobie dan Masdar Nawawi serta MZ Hendra Caya - Sylpana.

Ia mengatakan, pemeriksaan tersebut meliputi kesehatan fisik, psikologi (kejiwaan), dan narkotika bagi masing-masing bakal pasangan calon.

"Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh luar dalam istilahnya mulai dari kesehatan fisik dan juga kesehatan jiwa masing-masing para bakal calon," ujarnya.

Amir menambahkan, pemeriksaan kesehatan ini penting dilaksanakan apabila nantinya mereka terpilih menjadi kepala daerah maupun wakil kepala daerah selama lima tahun ke depan.

"Kondisi pemeriksaan kesehatan ini berkaitan dengan kemampuan fisik atau kesehatan mereka untuk memimpin jalannya roda pemerintahan daerah selama lima tahun mendatang," katanya.

Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan, lanjut Amir, masing-masing pasangan calon akan kembali ke daerah.

"Kalau untuk hasil pemeriksaan kesehatan nanti kami anggota KPU Belitung yang akan mengambilnya langsung ke RSPAD Gatot Subroto," ujarnya.

Ia berharap pelaksanaan pemeriksaan kesehatan ini bisa berjalan lancar serta tanpa adanya kendala.

"Kondisinya memang ramai, namun sudah ada jadwal pemeriksaan yang ditetapkan untuk setiap daerah, sebab para bakal calon kepala daerah dari wilayah lain juga ada yang menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024