Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan perpanjangan pendaftaran bakal pasangan calon kepala daerah untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

"Perpanjangan masa pendaftaran bakal pasangan calon kepala daerah pada Pilkada 2024 dilakukan selama tiga hari mulai tanggal 30 Agustus sampai 1 September 2024," kata Ketua KPU Bangka Selatan Muhidin di Toboali, Sabtu (31/8).

Ia menjelaskan, perpanjangan masa pendaftaran bakal pasangan calon kepala daerah dilakukan karena sejak dibukanya masa pendaftaran pada 27-29 Agustus 2024 hanya ada satu bakal pasangan calon yang mendaftarkan.

"Sampai dengan tanggal 29 Agustus pukul 23.59 WIB hanya ada satu bakal pasangan calon yang mendaftarkan sehingga kita lakukan perpanjangan masa pendaftaran," ujarnya.

Muhidin mengatakan, perpanjangan masa pendaftaran merujuk pada Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2024 tentang pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota.

"Perpanjangan masa pendaftaran ini juga sesuai dengan keputusan KPU Bangka Selatan 286 Tahun 2024 tentang penetapan penundaan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan adanya masa perpanjangan pendaftaran ini, akan berpengaruh pada tahapan verifikasi administrasi bakal pasangan calon karena tahapan ini tidak bisa dipisahkan dari masa pendaftaran.

"Tahapan pemeriksaan kesehatan juga akan mengalami perubahan yang awalnya dilakukan pada tanggal 27 Agustus- 2 September 2024 kini berubah pelaksanaannya pada 3 September-4 September 2024," ujarnya.

Untuk diketahui saat ini, bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan yang telah mendaftarkan ke KPU Bangka Selatan untuk Pilkada serentak 2024 yakni pasangan petahana Riza Herdavid-Debby Vita Dewi.

Pasangan yang diusung oleh sebelas partai politik tersebut telah melakukan pendaftaran ke KPU Bangka Selatan pada tanggal 28 Agustus 2024 lalu.

Adapun sebelas partai pengusung pasangan Riza-Debby yakni PDIP, Nasdem, Golkar, PKB, PBB, Gerindra, PAN, PKS, PPP, Perindo serta Demokrat.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024