Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI menggelar Festival Kater Layar di Pantai Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Minggu (1/9/2024).

Festival ini merupakan rangkaian dari Jelajah Pesona Jalur Rempah (JPJR) 2024. Kegiatan kater layar ini memperlombakan kecepatan dan keindahan kater dan diikuti sebanyak 50 nelayan kater dari seluruh Kabupaten Belitung Timur. 

Ketua Panitia Festival Kater Layar, M. Nur Masase mengatakan festival ini lebih bertujuan untuk melestarikan tradisi kater layar. Mengingat selama ini hampir tidak ada lagi nelayan kater di Kabupaten Belitung Timur yang menggunakan layar. 

“Harus pakai layar. Kita ingin memperkenalkan tradisi kater belayar kepada nelayan muda maupun wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Beltim, selama ini tahunya pakai mesin saja,” ucapnya.

Selain memperoleh hadiah lomba bagi pemenang, seluruh peserta juga diberikan subsidi sebesar Rp300 ribu, tiang layar dan baju seragam. 

“Jadi tujuan kita ingin membantu nelayan di Kabupaten Beltim. Saatnya membuat nelayan kita senang,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Beltim, Mathur Noviansyah mengatakan Pemkab Beltim sangat mendukung kegiatan ini. Mengingat adanya kegiatan ini akan memotivasi masyarakat nelayan khususnya di Desa Burung Mandi untuk melestarikan Perahu Kater Berlayar. 

“Kegiatan ini sangat kita tunggu-tunggu. Namun ini bukan akhir dari segalanya, Masyarakat Burung Mandi harus tetap mempertahankan event ini untuk menjadi event tahunan,” katanya. 

Lebih lanjut, Mathur berharap para pelaku wisata, Kelompok Sadar Wisata serta pemerintah desa Burung Mandi dapat melihat peluang dengan menjual paket-paket wisata. Baik menggunakan kater belayar, untuk paket jelajah pulau (hopping island) atau pemancingan dengan kater. 

“Semua tergantung komunitas dan aparatur pemerintah desa, bagaimana mereka mempromosikan dan meningkatkan jenis atraksi wisata yang bisa ditawarkan ke wisatawan. Kita siap mendukung,” ujar Mathur.

Berikut nama-nama pemenang Festival Kater Berlayar 2024: 
Juara 1 Hasbullah (40)
Juara 2 Bajuri (25) 
Juara 3 Suparman (37)
Juara Harapan 1 Ahmad Lalo (50)
Juara Harapan 2 Baharuddin (14)
Juara Harapan 3 Hasanudin Lasang (49)

- Juara Favorit I Damiri (30) 
- Juara Favorit II Yurdani (24) 

Pewarta: Dirga Firgiawan

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024