Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Budi Utama mengapresiasi Pertamina Patra Niaga sebagai perusahaan yang memiliki sumbangsih dan wilayah yang cukup besar di Pangkalpinang yang turut serta andil dalam kegiatan sosial membantu masyarakat.

Perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas ini juga telah mendukung percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang berkesinambungan, menyinergikan program dan kegiatan antara Pertamina dan pemerintah kota.

“Melalui program pengembangan masyarakat ini, diharapkan masyarakat lebih dapat memberdayakan potensi wisata yang ada, dengan tidak melanggar aturan dan ketentuan yang berlaku serta memperhatikan faktor keselamatan,” ujar Budi Utama saat menghadiri acara Visit Tour Program Pembangunan Masyarakat di ruang rapat Kantor Integrated Terminal Pangkalbalam, Selasa (3/9/2024).

Dia mengatakan, sektor pariwisata merupakan salah satu faktor yang mampu memberikan kontribusi pada peningkatan ekonomi masyarakat dan pendapatan asli daerah di Kota Pangkalpinang. 

Untuk itu, masyarakat diharapkan mampu mengoptimalkan berbagai potensi pariwisata yang ada. Pengembangan pariwisata akan melibatkan peran penuh masyarakat untuk melakukan terobosan, baik peningkatan infrastruktur maupun promosi dan pemasaran pariwisata, sehingga mampu menjadi sebuah destinasi yang layak dan mampu untuk dikunjungi.

“Kami berharap dengan adanya program pengembangan masyarakat ini, mampu membuka mata, wawasan dan bahkan semangat untuk maju berkembang dengan potensi daerah yang menawan ini. Dan jika potensi wilayah wisata benar-benar dikelola dengan baik maka perekonomian yang selama ini hanya mengandalkan perdagangan dan pelayanan publik tentu akan bertambah dengan adanya perkembangan wisata,” kata Budi.

Dia menuturkan, kegiatan ini untuk menginisiasi dan menggugah teman-teman desa wisata untuk memiliki referensi, sehingga tergerak untuk mengembangkan desa wisata. Potensi wisata di Kota Pangkalpinang sangat besar sekali. 

Budi mengajak bersama-sama saling bekerjasama, bergotong-royong, dan bahu-membahu dalam pembangunan dan peningkatan perekonomian.

“Pada akhirnya akan mempengaruhi tumbuhkembangnya ekonomi kreatif. Semakin banyak kunjungan wisatawan tentu memberikan peluang bisnis dan peningkatan ekonomi masyarakat. Wisatawan yang datang terdiri dari banyak karakter, ada yang ingin menikmati indahnya alam, ada pula sebagai pemburu kuliner yang menginginkan dan merasakan masakan khas Pulau Bangka dan ada juga pengunjung sebagai kolektor barang-barang souvenir,” jelasnya. 

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024