Bupati Belitung Timur Burhanudin resmi membuka acara Jelajah Pesona Jalur Rempah (JPJR) Tahun 2024 di Lapangan Yagor Manggar Kabupaten Belitung Timur, Jumat (06/09/2024).
 
Event JPJR Belitung Timur 2024 merupakan yang ke- 6 diselenggarakan, dan tahun ini mengambil tema “jejak Peradaban Urang Darat di Belitung Timur”.
 
Burhanudin mengatakan bahwa acara ini tentunya sangat istimewa dan memiliki makna yang penting bagi kita semua karena telah menjadi bagian dari event berskala nasional yaitu Kharisma Event Nusantara Tahun 2024.
 
"Suatu kebanggaan bagi Pemkab Beltim bahwa event ini telah memasuki tahun ke-6 penyelenggaraannya. Perjalanan ini mencerminkan komitmen kita semua dalam mengembangkan potensi budaya dan sejarah yang dimiliki oleh Belitung Timur," ucap Burhanudin.
 
Burhanudin melanjutkan selain memperkuat identitas Belitung Timur dalam sejarah Jalur Rempah, saat ini Pemkab Beltim juga memiliki misi penting lainnya, yaitu memberdayakan UMKM/Ekraf yang ada di daerah Beltim
 
UMKM/Ekraf merupakan salah satu sektor yang sangat berperan dalam menggerakkan perekonomian lokal. Dengan ikut terlibatnya 121 UMKM/Ekonomi Kreatif pada acara ini, akan memberikan ruang bagi para pelaku usaha kecil dan menengah untuk memperkenalkan produk-produk unggulan mereka, sekaligus memperluas pemasarannya.
 
"Oleh karena itu, JPJR menjadi salah satu wadah penting dalam upaya memajukan kebudayaan, pariwisata, dan ekonomi kreatif di Kabupaten Belitung Timur guna mewujudkan Belitung Timur Bangkit dan Berdaya, Bangkit Kebudayaannya, Berdaya Masyarakatnya," ujarnya.
 
Burhanudin juga berharap acara ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap sejarah dan budaya, serta memberi pemahaman dan pengetahuan bagi seluruh masyarakat Beltim khususnya para generasi muda.
 
Sementara itu, Yudhistira Siahaan Ketua Tim Kerja Event Daerah Wilayah Sumatera, Direktorat Event Daerah, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mengatakan sebagai event yang masuk ke dalam 110 Kharisma Event Nusantara 2024 Kemenparekraf RI.
 
JPJR diharapkan mampu menarik kunjungan wisatawan serta berdampak ekonomi bagi masyarakat Belitung Timur dan melahirkan inovasi dan kreativitas serta mempertahankan kebudayaan jalur rempah di Belitung Timur. 
 
"Even JPJR merupakan salah satu event berkualitas di Babel karena masuk even nasional Kharisma Event Nusantara 2024," ungkap Yudhistira Siahaan.
 
Ia berharap melalui kurasi event KEN 2025 yang sedang diusulkan Kementerian, akan banyak event berkualitas guna meningkatkan pariwisata Indonesia.

Pewarta: Dirga Firgiawan

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024