Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan pelaksanaan kegiatan Belfest 2024 merupakan upaya pemerintah bersama masyarakat memberikan wadah unjuk kreativitas anak muda di daerah itu.

"Kami memberikan apresiasi positif terhadap pelaksanaan kegiatan festival di Desa Belolaut, Mentok tahun ini, Belfest 2024 berhasil menarik perhatian ribuan pengunjung yang hadir mulai awal pelaksanaan hingga penutupan kemarin," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Senin.

Menurut dia, kesuksesan pelaksanaan Belfest 2024 merupakan bukti nyata kebersamaan dan gotong royong seluruh warga Desa Belolaut, khususnya anak-anak muda, yang telah berhasil unjuk kebolehan dalam menyelenggarakan kegiatan festival dan memberikan warna selama kegiatan berlangsung.

"Mereka memiliki kreativitas dan kepedulian yang mumpuni, ini perlu terus difasilitasi agar bisa semakin berkembang dan bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat maupun daerah," katanya.

Menurut dia, festival ini memberikan ruang bagi anak-anak muda untuk berkreasi dan menampilkan bakat kesenian kepada para pengunjung.

Selain itu, kegiatan yang diisi dengan berbagai acara lomba dan pameran juga memberikan ruang bagi masyarakat untuk mempromosikan produk yang dihasilkan atau pun keahlian dan bakat yang dimiliki.

"Tidak hanya dalam bidang kesenian, namun panitia juga berhasil memberikan ruang bagi pelaku seni tradisi untuk tampil dalam rangkaian acara tersebut, ini memberikan warna beragam dan tentunya menambah kemeriahan," ujarnya.

Selain sebagai wahana hiburan, kegiatan itu juga dinilai dapat memberikan dampak positif kepada pelaku UMKM setempat.

"Gagasan seperti ini diharapkan mampu menggerakkan sektor ekonomi kreatif masyarakat, mari terus menjaga nilai gotong-royong, kami dari pemerintah daerah akan selalu mendukung kegiatan seperti ini," katanya.

Belfest 2024 yang digelar selama sepekan mulai 2 September 2024 di Lapangan Sepakbola Desa Belolaut diisi dengan berbagai kegiatan, seperti bazaar UMKM, festival pempek udang, festival band, pertunjukan musik, tari kreasi, fashion culture carnival, pencak silat seni, jalan sehat, dan berbagai pelayanan publik.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024