Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupa meningkatkan kualitas pengelolaan masjid yang ada di daerah itu.

Salah satu upaya yang dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) atau pengurus masjid di wilayah Bangka Selatan.

"Besok, (Selasa 17/9) kita akan memberikan pelatihan kepada 76 pengurus masjid yang ada di Bangka Selatan," kata Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid di Toboali, Senin.

Ia mengatakan, pelatihan dilakukan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan masjid di Bangka Selatan dengan menghadirkan dua narasumber dari Manajemen Masjid Jogokaryan Yogyakarta.

"Manajemen Masjid Jogokaryan merupakan salah satu rujukan manajemen masjid terbaik di Indonesia, bahkan sampai pernah dikunjungi delegasi parlemen Negara Eropa karena prestasinya," ujarnya.

Riza mengatakan, Manajemen Masjid Jokokaryan Yogyakarta akan berbagi pengalaman kepada para peserta tentang manajemen masjid.

"Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini nanti, pengurus masjid mampu menjadikan masjid sebagai pemberdaya dan penggerak kesejahteraan masyarakat sekitar, disamping sebagai pusat ibadah," harapnya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Bangka Selatan Ari Dinata mengatakan, kegiatan pelatihan kepada pengurus masjid yang akan di gelar besok merupakan kolaborasi pemerintah kabupaten Bangka Selatan dengan Baznas.

"Kegiatan pelatihan akan dilaksanakan di ruang rapat Gunung Namak kantor Bupati Bangka Selatan dengan mengundang 76 peserta atau pengurus masjid," katanya.

Bagi pengurus masjid yang belum diundang untuk mengikuti pelatihan di tahun ini, direncanakan akan diundang pada tahun depan, karena program tersebut akan menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan.

"Sesuai arahan Bupati dan Wakil Bupati, program ini akan menjadi prioritas ke depan. Kita bersama Baznas Bangka Selatan juga akan melakukan monitoring evaluasi penerapan pasca kegiatan dilakukan," ujarnya.

Adapun dua narasumber yang kan dihadirkan dalam kegiatan pelatihan tersebut yakni Ustaz M. Rosyidi, ST dan Ustaz Enggar Haryo Panggalih dari Biro Manajemen Masjid dan Biro Kultum Subuh Masjid Jogokaryan Yogyakarta.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024