Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memperkuat konektivitas wilayah Pulau-pulau terluar dan terdepan di daerah itu guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. 

"Kami terus berupaya untuk meningkatkan konektivitas wilayah Pulau-pulau terluar dan terdepan di Kabupaten Belitung," kata Kepala Dinas Perhubungan Belitung, Ramansyah saat menanggapi Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2024.

Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2024 mengangkat tema "Transportasi Maju, Nusantara Baru".

Menurut dia, konektivitas antar Pulau-pulau terluar dan terdepan di daerah itu sangat penting dilakukan guna membuka akses sebuah wilayah yang selama ini masih terisolir.

"Sehingga ada potensi-potensi yang bisa dieksplorasi baik dari sisi ekonomi dan pariwisata," ujarnya.

Dirinya mencontohkan, dengan adanya kapal Ro-Ro KM. Puteri Leanpuri yang melayani rute pelabuhan Tanjung Ru menuju pelabuhan Tanjung Nyato telah banyak memberikan dampak positif bagi masyarakat.

"Beberapa waktu lalu telah tersambung atau sudah ada sarana transportasi berupa kapal Ro-Ro KM. Puteri Leanpuri untuk menyambungkan Tanjung Ru dengan Tanjung Nyato sehingga perekonomian di sana meningkat dan laporannya frekuensi kendaraan dan penumpang yang melintas cukup tinggi," katanya.

Ramansyah menambahkan, saat pihaknya sedang merencanakan pembangunan dermaga di kawasan Tanjung Paku, Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong sebagai fasilitas pendukung konektivitas dengan Pulau Seliu.

"Jadi ini adalah rencana untuk menghubungkan konektivitas antara Membalong dengan Pulau Seliu karena di Pulau Seliu berpotensi untuk dikembangkan wisata salah satunya adalah wisata pantai maupun alam," ujarnya.

Ia menjelaskan, konsep konektivitas dalam hal ini harus didukung adanya pembangunan dermaga yang saling berpasangan antar suatu kawasan.

Ramansyah menyebutkan, apabila infrastruktur ini telah siap maka nantinya pemerintah akan membantu sarana dan prasarana lainnya termasuk kapal penyeberangan.

"Jadi kami terus mengupayakan bagaimana konektivitas di Pulau-pulau terluar itu bisa tercipta meskipun saat ini sebenarnya fasilitas itu sudah ada namun perlu ditingkatkan seperti di Pulau Buntar dan Pulau Gresik bahkan di Pulau Kuil sudah ada dermaga cukup bagus sekali," katanya. 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024