Wakil Bupati Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Debby Vita Dewi mengajak anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Selatan yang baru dilantik untuk berkolaborasi dalam membangun daerah.

"Atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada anggota DPRD Bangka Selatan yang sudah dilantik dan diambil sumpah janji jabatan. Mari kita bersama-sama berkolaborasi membangun Kabupaten Bangka Selatan," kata Debby usai pelantikan 30 anggota DPRD Bangka Selatan di Toboali, Selasa.

Ia mengatakan sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah meletakkan DPRD sebagai unsur penyelenggaraan pemerintah daerah yang bermitra sejajar dengan kepala daerah.

Tiga fungsi DPRD yakni fungsi pembentukan peraturan daerah (Perda), fungsi penyusunan laporan, dan fungsi pengawasan.

"Saya berharap DPRD yang baru dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan maksimal serta dapat berkolaborasi dengan eksekutif dalam membangun daerah," ujarnya.

Debby mengatakan sebagai mitra pemerintah daerah yang memiliki fungsi dan peran yang sangat penting, DPRD harus memiliki pengetahuan yang luas, kemampuan yang handal dan bertanggung jawab serta memiliki sikap perilaku yang baik.

"Selamat bertugas kepada DPRD yang baru, semoga dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik sehingga tujuan pembangunan yang berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai," ujarnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD periode 2019-2024 atas pengabdian dan kinerja yang sangat luar biasa selama lima tahun bersama dalam membangun daerah.

"Kinerja DPRD yang lama sangat luar biasa, banyak yang telah dilakukan dan diperbuat untuk pembangunan kabupaten Bangka Selatan demi kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024